KENALI DAN CEGAH DEMENSIA

 Home / Berita /KENALI DAN CEGAH DEMENSIA
KENALI DAN CEGAH DEMENSIA

KENALI DAN CEGAH DEMENSIA

KENALI DAN CEGAH DEMENSIA

 

Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit ini diselenggarakan atas kerjasama Satuan Medis Fungsional Jiwa RSUP Persahabatan dengan Intalasi Pelayanan Humas & PKRS mengangkat topik tentang. “Kenali & Cegah Demensia” yang dilaksanakan di Kilinik Saraf dengan narasumber dr Tribowo Tuahta Ginting Sugihen, Sp. KJ, pada hari Selasa, 30 Januari 2018, Pukul 09.00 s/d 10.00 wib.

Kegiatan ini dihadiri lebih kurang 25 pasien & keluarga. Dalam kegiatan PKRS ini, diberikan informasi mengenai apa itu demensia, yaitu penurunan kemampuan kerja otak yang berlangsung secara progresif, mengakibatkan gangguan berpikir, mengingat, mental, emosi dan perilaku (gangguan pikun). Siapa saja yang dapat mengalami dimensi, usia >65 tahun lebih banyak terjadi pada perempuan serta kejadian meningkat pada orang yang memiliki keluarga dengan demensia.

Penyebab dimensia seperti, alzheimer (tersering), stroke dan penyakit lain di otak. Gejala umum demensia diantaranya, gangguan daya ingat, salah membuat keputusan, binggung akan waktu & tempat, menaruh barang tidak pada tempatnya, sulit fokus, sulit melakukan kegiatan familiar, gangguan visuospasial, gangguan berkomunikasi.

Demensia tidak bisa disembuhkan tetapi bisa diterapi, tetapi bisa diperlambat progresi penyakitnya dan penting untuk mencegah dan mendeteksi dini. Bagaimana cara mencegah demensia, dengan cara rajin berolahraga, makan buah & sayur, tidak merokok & minum alkohol, bersosialisasi, dengan menstimulasi otak mengerjakan TTS, menyusun puzzel dan membaca.

Fakta mengenai demensia:

  • Demensia atau kepikunan bukanlah hal normal yang terjadi pada proses penuaan
  • Demensia terjadi karena adanya gangguan pada otak
  • Demensia tidak hanya menyebabkan kepikunan
  • Demensia dapat dicegah
  • Walaupun belum bisa disembuhkan, pasien demensia masih dapat hidup dengan normal