Penyuluhan Edukasi Hari Kanker Sedunia 2018

 Home / Berita /Penyuluhan Edukasi Hari Kanker Sedunia 2018
Penyuluhan Edukasi Hari Kanker Sedunia 2018

Penyuluhan Edukasi Hari Kanker Sedunia 2018

Penyuluhan Edukasi Hari Kanker Sedunia 2018

 

Dalam Rangka Peringatan Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tahun tanggal 4 Februari, Instalasi Pelayanan Humas & PKRS bekerjasama dengan SMF Penyakit Dalam, SMT Kebidanan dan SMF Anak  mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit Rabu, 7 Februari 2018,  kepada pasien dan keluarga yang sedang menunggu di ruang tunggu  Klinik tersebut.

Kanker adalah pertumbuhan dan penyebaran sel yang tidak terkendali. Hal ini dapat mempengaruhi hampir semua bagian organ tubuh. Pertumbuhan sel tersebut sering menyerang jaringan di sekitarnya dan dapat menyebar atau bermetastasis ke organ lain di tempat yang jauh. Banyak kanker dapat dicegah dengan menghindari paparan faktor risiko umum, seperti asap tembakau. Selain itu, proporsi besar yang signifikan dari kanker dapat disembuhkan, dengan tindakan operasi, radioterapi atau kemoterapi, terutama jika kanker terdeteksi secara dini.

Rangkaian kegiatan edukasi ini disampaikan oleh Satuan Medik Fungsional Penyakit Dalam dengan narasumber dr. Diana Paramita, Sp.PD-KHOM, Satuan Medik Fungsional Kebidanan oleh dr Yuri Feharsal, Sp.OG, Satuan Medik Fungsional Anak oleh dr. Saad Chalid, Sp. A.

Hari Kanker Sedunia mengusung tema We Can-I Can. Dipelopori oleh Union for International Cancer Control (UICC), mengharapkan jika kita secara bersama-sama dan individu dapat melakukan peran untuk mengurangi beban akibat dari penyakit mematikan ini.

Sebagai individu berperan dalam mengurangi risiko dari kanker antara lain adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Mengurangi rokok, alkohol, mempertahankan gaya hidup yang sehat, diet sehat dan tidak kalah penting rutin berolahraga. Seperti yang kita ketahui setiap orang memiliki sel kanker jadi setiap orang memiliki kemungkinan untuk terserang penyakit mematikan ini.

Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh dan mengatur pola hidup sehat, kita juga dapat memberikan dukungan emosional pada orang-orang yang melawan kanker dengan berbagi kisah mereka tentang bertahan hidup dalam kondisi yang mengancam jiwa. Dukungan dan semangat kepada seseorang yang sedang berjuang melawan kanker sangat penting, karena akan membangkitkan semangat hidupnya.

Momen Hari Kanker Sedunia setiap tahun adalah ajakan untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap kanker.