PKRS dalam Rangka Hari Kanker Sedunia 2018

 Home / Berita /PKRS dalam Rangka Hari Kanker Sedunia 2018
PKRS dalam Rangka Hari Kanker Sedunia 2018

PKRS dalam Rangka Hari Kanker Sedunia 2018

PKRS dalam Rangka Hari Kanker Sedunia 2018

 

Dalam Rangka Peringatan Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tahun tanggal 4 Februari, Instalasi Pelayanan Humas & PKRS bekerjasama dengan SMF Bedah, SMT THT dan Instalasi Radioterapi  mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit pada bulan Februari 2018,  kepada pasien dan keluarga yang sedang menunggu di ruang tunggu  Klinik tersebut. Kegiatan yang mengacu pada Union for International Cancer Control (UICC) dengan spirit ‘We can. I can.’, atau ‘Kita Bisa. Aku Bisa’ yang maksudnya didalam penanggulangan kanker ada upaya-upaya yang dapat dilakukan bersama-sama dan ada upaya yang dapat dilakukan oleh diri sendiri.

Rangkaian kegiatan edukasi ini disampaikan oleh Instalasi Radioterapi dengan narasumber dr. Aida Lufti Huswatun, Onk.Rad, MARS, Satuan Medik Fungsional Bedah oleh dr Budi Harapan Siregar, Sp.B(K) Onk, Satuan Medik Fungsional Telinga Hidung & Tenggorokan  oleh dr. Raden Ena Sarikencana, Sp. THT-KL.

Spirit ‘We Can. I Can’ dapat membuat perubahan yang signifikan, sebagaimana setiap orang dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan kebugarannya – dengan terus bergerak secara aktif seperti berolah raga, tidak mengkonsumsi alkohol, menghindari menghisap rokok, dan mengurangi konsumsi daging yang diproses.  Setiap posting atau berbagi informasi di media massa maupun media sosial dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kanker. Menurut UICC, riset menunjukkan bahwa, pasien kanker payudara dapat mengurangi risiko terjangkitnya kembali hingga 40% dengan melakukan kegiatan fisik yang direkomendasikan seperti olah raga ringan secara rutin merupakan cara yang menyenangkan dimana masyarakat di seluruh dunia dapat melakukannya untuk mengurangi risiko kanker, selain makan makanan yang sehat dan mendukung satu-sama lainnya untuk mencapai tujuan tersebut.

  • Kanker membunuh lebih banyak daripada AIDS, Malaria, dan TBC. Bahkan Bila ketiganya digabungkan menjadi satu.

  • 70% Pasien Kanker ada di negara berkembang.

  • 43% Kanker dapat dicegah dengan mengurangi konsumsi tembakau dan alkohol, mengurangi paparan bahan pemicu kanker, mengikuti program vaksinasi, dan menjalani perilaku hidup bersih dan sehat.

  • Jumlah pasien kanker akan meningkat drastis bila kita tidak berbuat apapun untuk upaya pencegahan

Perilaku CERDIK, cegah penyakit tidak menular:

C: Cek Kesehatan Secara Rutin

E: Enyahkan Asap Rokok

R: Rajin Aktivitas Fisik

D: Diet Seimbang

I: Istirahat Cukup

K: Kelola Stress