Seminar Influenza and Pneumonia Viral Management

 Home / Berita /Seminar Influenza and Pneumonia Viral Management
Seminar Influenza and Pneumonia Viral Management

Seminar Influenza and Pneumonia Viral Management

Seminar Influenza and Pneumonia Viral Management

 

Jakarta. Penyakit influenza merupakan penyakit musiman yang umum menyerang manusia.  Penyebabnya adalah virus influenza yang setiap tahunnya dapat menyebabkan outbreak, apabila menjadi berat atau komplikasi maka dapat menyebabkan kematian dibeberapa negara. Walau belum sampai ke pandemik , virus influenza menjadi perhatian karena dapat jatuh kedalam keadaan yang lebih berat yaitu pneumonia virus.

 

Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan sebagai pusat rujukan respirasi nasional juga sebagai pusat pendidikan baik formal maupun informal menyelenggarakan seminar Influenza and Pneumonia Viral Management for Health Care Profesional pada hari Senin tanggal 12 February 2018, bertempat di Aula Griya Puspa lantai 2.

 

Membuka acara, Direktur Utama RSUP Persahabatan dr. Mohammad Ali Toha, MARS memberikan sambutan, “Saat ini orang berpindah tempat dalam waktu yang cepat sehingga apabila terjadi suatu penyakit di daerah maka tidak menutup kemungkinan dalam waktu yang singkat akan menyebar ke tempat yang lain”.

 

Pada seminar ini dihadirkan para pakar agar dapat memberikan bekal yang baik, sehingga para peserta paham dan dapat mencegah terjadinya outbreak influenza, diantaranya yaitu :

  1. Prof. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, Senior Advisor WHO South East Asia Regional Office,  dengan materi Perkembangan virus influenza didunia ( seasonal  influenza, pandemic influenza, zoonotic atau variant influenza ).
  2. Dr. Prijanti, Sp.P (K), MARS, Konsultan Infeksi Pumonologist RSUP Persahabatan,  dengan materi Diagnosis dan tatalaksana pneumonia virus.
  3. Dr. Prasenohadi, PhD, SpP(K), Ketua Tim Penyakit Infeksi New_Emerging & Re-Emerging RSUP Persahabatan
  4. Dr. Cahyarini, Sp.MK, Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUP Persahabatan,  dengan materi Pencegahan dan pengendalian infeksi penularan melalui droplet.

 

Diikuti oleh 203 tenaga kesehatan yang berasal dari berbagai rumah sakit, puskesmas, klinik, BPKM, dan Kemenkes ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan professional medis dalam hal influenza, termasuk mengenali dini gejala pneumonia virus untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas.

 

Antusias peserta tampak terlihat dalam sesi diskusi dan pembagian doorprize menutup acara seminar ini.