SOSIALISASI HIDUP SEHAT DAN KEBERSAMAAN DENGAN PENDERITA KANKER

 Home / Berita /SOSIALISASI HIDUP SEHAT DAN KEBERSAMAAN DENGAN PENDERITA KANKER
SOSIALISASI HIDUP SEHAT DAN KEBERSAMAAN DENGAN PENDERITA KANKER

SOSIALISASI HIDUP SEHAT DAN KEBERSAMAAN DENGAN PENDERITA KANKER

Jakarta. Penyakit kanker merupakan penyakit degeneratif yang kejadiannya semakin meningkat dan menjadi salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Pada tahun 2012, sekitar 8,200,000 kematian disebabkan oleh kanker. Kanker paru, hati, perut, kolorektal, kanker payudara dan kanker leher rahim adalah penyebab terbesar kematian akibat kanker setiap tahunnya.

 

Hampir sebagian besar kasus kanker ditemukan pada stadium lanjut. Salah satu data dari Indonesian Society of Gynecological Oncology menunjukkan bahwa sebagian besar kanker ginekologi di Indonesia ditemukan telah berada pada stadium lanjut sehingga membutuhkan palliative care.

 

Palliative care merupakan bagian yang penting pada penderita kanker stadium lanjut. Suatu studi di Inggris memperlihatkan 60 hingga 97% kematian pasien akibat kanker ternyata membutuhkan palliative care.

 

Memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada tanggal 04 Februari dengan tema “Kita Bisa. Aku Bisa” dan sub tema “Aku Bisa Melakukan Deteksi Dini. Kita Bisa Mengerti Kanker” yang bermaksud untuk menyebarkan pesan, orang individu atau kelompok dapat mengambil peran dalam mengurangi permasalahan kanker.  

 

RSUP Persahabatan menyelenggarakan rangkaian acara untuk kalangan awam dan medis yang bertemakan palliative care, yaitu sosialisasi hidup sehat dengan senam pagi bersama dan pelatihan palliative care.

 

Sambutan Direktur Utama RSUP Persahabatan membuka kegiatan senam pagi bersama dan diikuti oleh sekitar 300 peserta, yang diadakan pada hari Jumat tanggal 09 Februari 2018 di Lapangan Parkir gedung Prof. Rasmin Rasjid RSUP Persahabatan.

 

Pada kegiatan ini disampaikan juga testimoni dari survivor kanker, pembagian leaflet kesehatan kepada masyarakat sekitar RSUP Persahabatan serta pembagian bingkisan kepada pasien-pasien kanker.

 

Pelatihan palliative care bagi tenaga kesehatan akan dilaksanakan pada tanggal 11 & 18 April 2018 nanti.