WORKSHOP PENGENDALIAN LINGKUNGAN DAN MANAJEMEN LINEN

 Home / Berita /WORKSHOP PENGENDALIAN LINGKUNGAN DAN MANAJEMEN LINEN
WORKSHOP PENGENDALIAN LINGKUNGAN DAN MANAJEMEN LINEN

WORKSHOP PENGENDALIAN LINGKUNGAN DAN MANAJEMEN LINEN

Jakarta – Lingkungan rumah sakit mempunyai variasi populasi mikroorganisme yang sangat beragam, beberapa diantaranya bersifat patogen terhadap manusia. Mikroorganisme patogen dapat ditemukan di berbagai permukaan lingkungan. Lingkungan lembab akan  menguntungkan mikroorganisme tertentu untuk tumbuh, sementara terdapat mikroorganisme jenis lain justru membutuhkan lingkungan kering. Tak jarang kuman yang bersifat multiple drug resistant ditemukan pada saat dilakukan skrining dan saat kejadian luar biasa.

Menerapkan Kewaspadaan Standar (standard precaution) terhadap seluruh pengunjung fasilitas kesehatan menjadi salah satu prinsip utama Pengendalian dan Pencegahan Infeksi. RSUP Persahabatan menyelenggarakan workshop Pengendalian Lingkungan dan Manajemen Linen pada hari Kamis tanggal 25 Januari 2018, bertempat di Aula Griya puspa lantai2.

Diikuti oleh 100 orang tenaga perawat yang terdiri dari Kepala Instalasi Rawat Inap, Koordinator Pelayanan, Kepala Ruangan dan Ketua Tim, peserta workshop diharapkan mampu meingkatkan pengetahuan, mendukung penerapan dan turut serta dalam melakukan monitoring dan evaluasi pengendalian lingkungan dan manjemen linen di unit kerjanya.

Guna Pencegahan dan Pengendalian Infeksi dapat berjalan optimal serta simultan, dalam pelatihan ini peserta diberikan tidak hanya materi tetapi juga praktek bagaimana pembersihan dan dekontaminasi lingkungan dilaksanakan secara detil dan menyeluruh yang disampaikan oleh narasumber berkompeten pada bidangnya, antara lain :

  1. Peran Pengendalian Lingkungan dan Manajemen Linen dalam Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, oleh dr. Cahyarini, SpMK
  2. Pengendalian Lingkungan, oleh Rensi Komalasati, SKM
  3. Manajemen Linen, oleh Komarachmi, Skep, Ners
  4. Nursing Art, oleh Sri Purwaningsih, S.Kp, M.Kes

Diakhir pelatihan dilaksanakan penandatanganan Komitmen Bersama untuk Bersih, Rapi dan Tertib oleh seluruh peserta. (IP Humas, Pemasaran & PKRS)