Cari Dokter
Profile Tokoh
Selasa, 27 oktober 2015
drg. Dince Erwina Indriyani, MARS
drg. Dince Erwina Indriyani, MARS

Profil Tokoh

Drg. Dince Erwina Indriyani, MARS

Direktur Keuangan RSUP Persahabatan

 

Akrab disapa dengan panggilan bu Dince, lahir di Jakarta, 4 Juni 1958, SD di Trisula Salemba, SMPN 1 Jakarta Pusat, SMAN 1 Budi Utomo Jakarta dan menamatkan pendidikan di FKG Universitas Mustopo Beragama lalu melanjutkan  S2 MARS di Universitas Indonesia. Lulus Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Kesehatan pada tahun 1990, kemudian bekerja di bagian laporan pelayanan Informasi Direktorat Jenderal Pelayanan Medik Kementerian Kesehatan RI, tahun 1993 diangkat sebagai Kepala Sub Bagian Pelayanan Informasi RS Kanker Dharmais, kemudian diangkat lagi sebagai Kasubbag Perencanaan, kemudian menjabat Kepala Bagian Tata Usaha dan Protokol, berlanjut menjadi Kepala Bagian Penyesuaian & evaluasi Anggaran, lalu diangkat lagi menjadi Kepala Bagian Perbendaharaan dan Mobilisasi Dana (PMD). Pada tahun 2011 dipercaya menjadi Direktur Umum dan Operasional RS Kanker Dharmais, tahun 2012 menjadi Direktur Keuangan RS Kanker Dharmais dan pada bulan September 2015 Menteri Kesehatan melantiknya menjadi Direktur Keuangan RSUP Persahabatan.

Cita-cita sewaktu kecil menjadi pramugari dan psikolog namun setelah dewasa lebih tertarik menjadi dokter lalu diterima dan lulus di FKG Trisakti tapi akhirnya mengambil FKG di Mustopo karena ajakan sang kekasih (sekarang telah menjadi suami). Sebelum tamat dari FKG, tepatnya tingkat 3, bu Dince menikah dengan drg. I.P.Suprapta, Msc. Pada tahun 1978 sempat cuti kuliah karena sang suami mengikuti wajib militer TNI AD dan ditugaskan di Korem Wirasakti - Kupang (NTT). Lahirlah anak pertama Indra Wirapratama, ST, MA. Kemudian tahun 1981 memiliki anak ke dua yang bernama drg.Monika Indriana. Melanjutkan kuliah yang sempat terhenti sambil momong anak, setelah lulus kuliah kemudian lahirlah anak ke tiga yang bernama Rama Andika, S.Kom.dan anak ke empat yang bernama Jasmine Mirabel.

Pertama kali mendapat kabar diangkat sebagai pimpinan, mengucapkan syukur kepada Allah SWT sehingga diberikan kepercayaan karena memiliki prinsip “bahwa pada waktu kerja tidak ambisius, tapi harus punya ambisi, pun ketika meningggalkan rumah mesti punya sesuatu nilai lebih, pasti orang punya tujuan dan rencana walaupun hanya Tuhan yang menentukan, begitu kerja kita harus serius mau mendengar dan  mau belajar, apalagi masalah keuangan harus belajar dengan serius dan fokus karena kalau tidak seperti itu maka saya hanya menjadi dokter gigi saja”, begitu tuturnya. Lalu beliau menambahkan “tujuan hidup harus jelas, dulu jadi kepala bagian tidak terpikir akan menjadi Direktur, seorang manusia harus mempunyai asa dan tujuan hidup supaya jelas arahnya. “Tertarik menjadi dokter karena melihat dokter itu keren dengan jas dokternya, sehingga berkeinginan harus bisa menjadi dokter tapi pertama kali kerja bukan sebagai dokter melainkan lebih kepada manajerial atau struktural, dalam hidup harus ada keinginan yang baik, sayang kalau sudah kerja tidak bekerja secara serius, apalagi di keuangan pasti akan menjadi sorotan, yang penting tanggung jawab terhadap aturan dan bekerja secara ikhlas tidak mementingkan diri sendiri”, pungkasnya. Sebagai Direktur Keuangan, berpesan kepada semua karyawan bahwa “Buatlah perencanaan kebutuhan dengan baik, ada dua mata anggaran yaitu Rupiah Murni (RM) dan BLU, utamakan yang prioritas untuk pelayanan, banyak permintaan barang yang dipending karena harus dilakukan telaah,  ini uang kita semua, ayo kelola bersama dan jangan melimpahkan urusan keuangan hanya kepada orang keuangan saja untuk kemajuan RSP. Efisiensi keuangan mesti dikelola,  apa yang saya lakukan di RS Kanker Dharmais memang tidak sempurna tetapi ada hasilnya, dari situlah maka kita harus saling melengkapi dalam hal pengelolaan keuangan sehingga kita akan “eman-eman” dalam membelanjakannya”.

Beliau menambahkan “kita semua mitra kerja dan saling ketergantungan satu sama lain, ada hal yang harus kita pahami bersama bahwa kita harus bersatu dalam membangun RSP, komitmen pak Dirut dalam membangun RSP sangat luar biasa dan akan sia-sia jika kita semua tidak membantunya, dari mulai staff yang bawah sampai pimpinan tertinggi harus bersama-sama mempunyai komitmen dalam membangun dan memajukan RSP ini dengan cara kita bekerja Keras, Cerdas, Ikhlas, Tuntas dan tentunya bekerja secara serius, pengelolaan keuangan yang efisiensi dan efektif, kita semua mesti bekerjasama, saya ingin SDM kita bisa maju, juga sarana dan prasarana yang lengkap”.

Olahraga aerobik seminggu dua kali merupakan kegemarannya sehingga membuat badannya merasa selalu fit dan sehat, namun di usianya yang sekarang mencoba untuk olah raga renang  yang lebih ringan dibanding aerobik, senang dengan kerapihan, berhias sewajarnya  untuk memantaskan diri sehingga merasa nyaman dan orang lain bisa senang melihatnya walaupun usianya sudah 57 tahun dan memiliki cucu namun penampilannya jauh lebih muda dari usianya. Tidak pendendam dan easy going menjadi ciri khasnya, memperlakukan anak-anak sebagai teman dan sahabat sehingga sering curhat bahkan dikritisi tentang penampilan dan kebijakannya. Pola makan yang biasa teratur membuatnya tidak bisa makan sesuai keinginan, makanan tradisional menjadi makanan kegemarannya, kurang suka makanan eropa atau makanan yang disajikan di restoran.

Apa arti teman bagi ibu? “Teman itu begitu luar biasa berharganya, jabatan itu amanah hanya sementara dititipkandan juga ada batasnya. Usia 60 tahun pensiun jabatan selesai, yang berharga hanya tinggal teman-teman sehingga saya harus memelihara hubungan baik dengan teman. Semua musik suka tapi lebih suka musik yang ngebeat, musik yang ceria termasuk dangdut, ini tercermin dalam kegemarannya melakukan aerobik dibanding yoga yang memerlukan konsentrasi dan harus fokus. Dalam hal liburan, beliau lebih suka dengan suasana Bali karena di Bali semua nya ada dan lengkap, apalagi suami berasal dari Bali, Jogya dan Solo merupakan alternatif liburan karena kulinernya yang menarik dan oleh-oleh yang disukainya seperti Batik dan lain-lain.(Hakim)



 Baca Juga !!!
Artikel

Pengumuman

^ Kembali ke atas