Cari Dokter
Profile Tokoh
Kamis, 01 september 2016
KETUA KOMITE MEDIS dr. Tjatur Kuat Sagoro, Sp.A
KETUA KOMITE MEDIS dr. Tjatur Kuat Sagoro, Sp.A

 

 

KETUA KOMITE MEDIS
dr. Tjatur Kuat Sagoro, Sp.A

Yakin dan berusaha Semaksimal Mungkin Dalam Mencapai Sesuatu



Lahir di Semarang pada tanggal 18 Oktober 1961, anak ke 4 dari 7 bersaudara ini merupakan putra seorang Brimob, saat berusia tiga bulan karena tugas sang ayah ikut dibawa ke Medan dan menetap disana selama  9 tahun. Nama Tjatur dari bahasa Jawa yang berarti  anak keempat, semua  saudaranya nama tengahnya ada nama Kuat, sedangkan dari nama Sagoro orangtua nya berharap agar anaknya nanti mempunyai wawasan yang  luas dan sabar .

Sejak  kecil dr. Tjatur terbiasa berpindah - pindah dari satu daerah ke daerah lain. Saat usia  9  tahun penyuka jenis makanan tradisional ini pindah ke Pekan baru,  kemudian saat kelas kelas  1 SMP pindah lagi ke Solo dan bersekolah di SMP 1 Solo Manahan, kemudian masuk SMA 3 Padmanaba Jogjakarta dan melanjutkan ke Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada.

Lulus menjadi dokter umum pada tahun 1987 di tempatkan di Puskesmas Bengkulu Selatan daerah terpencil selama 4,5 tahun. Kembali ke Semarang dr. Tjatur mengambil Spesialis Anak di Universitas Diponegoro  dan disinilah dokter yang mempunyai hobby berwisata keliling Indonesia ini bertemu dengan dr. Isnariani Sismadi Sp.OG yang kemudian dinikahinya pada tahun 1993 dan mempunyai  3 anak, dua diantaranya mengikuti jejaknya untuk menjadi dokter yaitu Bagus Ronidipta Pradana Koas FK UNAIR dan Irsa Gagah Himantoko mahasiswa tingkat 2 FKUI, sedangkan si bungsu Muhammad Orri Baskoro masih duduk di kelas XII  SMA 8 Jakarta. Nilai kejujuran  diterapkan Dr. Tjatur dalam mendidik anak-anaknya dengan memberikan contoh langsung dengan tindakan nyata.

Melihat profesi sang ayah sebagai  Brimob yang jujur dan berkehidupan sederhana membuat dr. Tjatur saat kecil berfikir bagaimana dia tetap bisa bersikap jujur seperti ayahnya tetapi dapat memiliki kehidupan yang lebih layak agar dapat mensejahterakan keluarga nya kelak. Sejak SMP beliau sudah bercita cita ingin jadi dokter.

Tahun 2002 mengawali pengabdiannya di RSUP Persahabatan sebagai dokter spesialis anak, Tahun 2013  dipercaya sebagai ketua SMF Kesehatan Anak RSP.Selain berdoa dan mempunyai keyakinan dalam mencapai sesuatu juga harus berusaha semaksimal mungkin merupakan motto  hidupnya.

Tahun 2015  di amanahkan untuk memegang jabatan sebagai Ketua Komite Medik.  Dalam kapasitasnya sebagai  Ketua Komite Medik, setiap dokter yang akan masuk harus melalui proses kredensial yang dilakukan di Komite Medik. Setelah menjadi tenaga medis di RSP setiap dokter  harus menjaga etika profesi nya  serta senantiasa menjaga keilmuannya agar selalu update dengan mengikuti  kegiatan ilmiah yang diselenggarakan Komite Medik serta  selalu mengikuti kegiatan ilmiah baik  di dalam maupun luar negeri sesuai  bidangnya. Selain di RSP dr. Tjatur juga Ketua Komite Medik RS Sukmul Sisma Medika. Selain itu juga menjadi pengurus IDAI Jaya 2014-2017 serta menjadi anggota Respirologi Anak IDAI.

Dr. Tjatur berpesan kepada seluruh karyawan RS Persahabatan, kita yang menghabiskan 8 jam bekerja di RSP  hendaknya dapat selalu menjaga dan menjunjung tinggi nama baik RSP Persahabatan dan niatkan bekerja sebagai ibadah. (Humas)

 

dr. Tjatur1

Sesi Wawancara Tim Humas bersama Ketua Komite Medis dr. Tjatur Kuat Sagoro Sp. A

 



 Baca Juga !!!
Artikel

Pengumuman

^ Kembali ke atas