Cari Dokter
Profile Tokoh
Selasa, 25 juli 2017
KEPALA INSTALASI RAWAT JALAN I Gusti Ayu Nyoman, S.SKp, M.Kes
KEPALA INSTALASI RAWAT JALAN I Gusti Ayu Nyoman, S.SKp, M.Kes

 

PROFIL TOKOH

I GUSTI AYU NYOMAN, S.SKp, M.Kes

Kepala Instalasi Rawat Jalan

 

“PANTANG BERHENTI DI SATU TITIK”

 

Menjabat sebagai Kepala Instalasi Rawat Jalan (IRJ) RSUP Persahabatan semenjak tahun 2011,  I Gusti Ayu Nyoman SKp, M.Kes dalam kesehariannya akrab dengan sapaan Ibu Nyoman ini lahir pada tanggal 28 Maret 1961 di Sangketan – Bali. Masa kecil hingga remaja dijalaninya disebuah desa kecil yang hijau penuh hamparan sawah tumpang tetapi maju dalam tekhnologi, bersekolah di SDN 1 Sawah lulus tahun 1973, melanjutkan ke SMPN Tabanan lulus tahun 1976, dan SMA TP 45 Tabanan lulus tahun 1980, Bu Nyoman tumbuh dalam lingkungan keluarga Hindu yang taat dan dengan adat budaya Bali yang kental.

Lulus dari SMA, Bu Nyoman remaja pindah ke Jakarta dan melanjutkan sekolah di AKPER DEPKES RI, dimana pada saat itu hanya ada tiga sekolah AKPER di Jakarta. Tinggal bersama kakak yang seorang muslim dan dari apa yang dirasakan dalam kesehariannya, membuat hati bu nyoman tergerak mempelajari Islam kemudian tahun 1983 memutuskan untuk hijrah memeluk Islam. Di tahun yang sama bu Nyoman dipinang oleh Edy Suharyono dan akhirnya memiliki 3 anak yaitu Anggie Harygustia lahir tahun 1984, Briane Hayugusti lahir tahun 1989 dan Cahya I Gusti Ragil lahir tahun 1997.

Menjadi perawat bukanlah cita-citanya, tetapi melihat kakak-kakaknya yang seorang perawat membuat bu Nyoman memilih profesi ini. Sebelum tamat AKPER,wanita tangguh ini sudah di rekrut oleh RS JantungHarapan Kita, setelah mendapatkan SK CPNS pada tahun 1984 kemudian mengikuti pelatihan kardiologi dasar tetapi dalam masa menjalankan pelatihan ternyata bu Nyoman hamil anak pertamanya dan memutuskan untuk keluar. Dua tahun berselang ia pun mendapatkan panggilan kembali dari Depkes dan bekerja sebagai pelaksana adminitrasi di Direktorat pelayanan medik Dep.Kes.RI Jakarta.

Mendapatkan tawaran untuk mengembangkan karir, bu Nyoman memilih mengabdi di RSUP Persahabatan sebagai perawat pelaksana di ruang paru Soka Atas sebagai unit dengan layanan unggulan.Tahun 1993, bu Nyoman meneruskan pendidikan ke jenjang strata satu Program Study Ilmu Keperawatan Fakultas Kdokteran Universitas Indonesia (PSIK_FKUI) Jakarta sambil bekerja, hingga akhirnya lulus dari PSIK-FKUI tahun 1995.Jenjang karir bu Nyoman di mulai ketika dipercaya menjadi Kepala Irin A pada tahun 1999 sekaligus menjadi perawat pertama yang menjadi kepala instalasi di RSUP Persahabatan.

Ketika mendapat tawaran menjadi kepala saat pertama kali, wanita yang penuh tanggung jawab ini menanggapinya dengan rasa syukur, tapi tidak serta merta langsung diterima. Dengan pertimbangan, saran serta masukan dari sang suami yang mengatakan bahwa dirinya harus siap dan menerima kapanpun, dengan cara apapun ketika suatu saat jabatan itu dilepas, serta niatkan jalani amanah itu untuk beribadah, akhirnya bu Nyoman menerima tawaran tersebut.

Penggemar film India ini menerapkan kebiasaan di dalam keluarga untuk menyempatkan berbincang setiap hari di sore hari, bahkan kebiasaan ini terus berjalan meski sang anak sudah menikah dengan menelpon. Sifat demokrasi dalam menjalankan pendidikan dengan mendukung atau tidak memaksakan kehendak kepada anak-anaknya, pesannya adalah “ketika berani memutuskan berarti sudah melalui proses hidup dan siap menghadapi segala risiko”.

Penikmat musik pop romance sangatlah mengenal RSUP Persahabatan mulai awal masuk dan saat ini menjabat sebagai kepala Instalasi Rawat Jalan. Menjadi bagian dari perkembangan rumah sakit, bu Nyoman merasa bangga dengan program Transformasi Budaya Organisasi yang sedang berjalan demi meningkatkan kualitas SDM dan memperbaiki mutu pelayanan rumah sakit.

Salah satu langkah kongkrit dalam membangun RSP adalah jika semua petugas melayani pelanggan dengan sepenuh hati dan senyum tulus serta positif thingking, menurut pemilik motto hidup “Pantang berhenti disatu titik, berjalanlah walau perlahan” .

Memiliki jiwa seni dan humor, bu Nyoman tetap menekankan komunikasi kepada rekan-rekan kerja disekitarnya dengan 5 S  (salam, senyum, sapa, sopan dan santun), komunikasi bottom up dan sebaliknya, manajemen hirarki dan rutin mengadakan rapat demi terjalinnya komunikasi.

“Bersyukurlah menjadi bagian dari RSUP Persahabatan, mantapkan langkah dan niat dalam mencapai visi 2019 dengan melaksanakan nilai nilai PIKKO secara konsekuen, karena dengan begitu mampu meningkatkan kualitas pelayanan dan tentu saja kesejahteraan lahir dan bathin” pesan bu Nyoman menutup sesi wawancara.

 

Bu Nyoman

Sesi wawancara Tim IPH & PKRS bersama Kepala Instalasi Rawat Jalan RSUP Persahabatan I Gusti Ayu Nyoman, S.SKp, M.Kes

 



 Baca Juga !!!
Artikel

Pengumuman

^ Kembali ke atas