Cari Dokter
Berita
Rabu, 25 januari 2017
ADA APA DENGAN SAYUR, BUAH & KUMAN ?
ADA APA DENGAN SAYUR, BUAH & KUMAN ?

 

 

ADA APA DENGAN SAYUR, BUAH & KUMAN ?

 

Dalam rangka Memperingati Hari Gizi Nasional  tanggal 25 Januari 2017, Instalasi Pelayanan Humas & PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit), Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan mengadakan kegiatan Promosi Kesehatan Internal dan Eksternal Rumah Sakit. Bertemakan  ”Peningkatan Konsumsi Sayur dan Buah Nusantara Menuju Masyarakat Hidup Sehat” yang merupakan bagian dari tema besar ”Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi”.

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan merupakan Unit Pelayanan Teknis dari Kementerian Kesehatan, mengambil peran dalam Hari Gizi tahun ini yaitu Memberikan Penyuluhan  dengan tujuan agar anak – anak menyukai sayur dan buah dalam konsumsinya setiap hari. Konsumsi buah dan sayur sejak dini, akan memberikan dampak yang positif bagi anak – anak kedepannya, sehingga diperlukan dukungan seluruh lapisan masyarakat dan lintas sektor. Hal ini dilatarbelakangi permasalahan gizi tidak hanya berhubungan dengan kesehatan saja, lebih luas lagi masalah gizi dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti ekonomi, sosial, budaya, pola pengasuhan, pendidikan juga lingkungan.

Kegiatan Promosi Kesehatan Internal diadakan di Klinik Penyakit Dalam RSUP Persahabatan. PKRS Internal menyampaikan materi tentang “Hidup Sehat dengan Konsumsi Buah dan Sayur“ Narasumber Bethesrida, SKM dari Instalasi Gizi RSUP Persahabatan. Disamping itu juga diberikan materi “6  langkah cara  cuci tangan” narasumber  Tim pencegahan dan Pengendalian Infeksi. Peserta adalah pasien dan keluarga pasien diklinik penyakit dalam dan klinik klinik lain.

Kegiatan Promosi kesehatan rumah sakit  eksternal diadakan di SDN Pisangan Timur 10 Pagi, Jakarta. Penyuluhan dengan sasaran murid – murid kelas 4,5 dan 6 Sekolah Dasar ini berjumlah 120 murid. Dengan mengangkat tema “Peningkatan konsumsi buah dan sayur nusantara menuju masyarakat hidup sehat”, Narasumber Prita Erdawuri dan Trisubiarti, Nutrisionist  Instalasi Gizi RSUP Persahabatan menyampaikan penyuluhan tentang pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur. Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi PPI RSUP Persahabatan  juga mensosialisasikan mengenai cara mencuci tangan kepada murid –murid, karena tangan merupakan sumber kuman yang jarang disadari banyak cara penularan penyakit apabila tidak menjaga kebersihan tangan.

Kegiatan PKRS Eksternal dihadiri oleh Kepala Instalasi Pelayanan Humas dan PKRS, Tim Promosi Kesehatan dari Instalasi Gizi serta Tim  Pencegahan dan Pengedali Infeksi. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah Dasar Negeri 10 Pisangan Timur Tugino, S.Pd, M.MPd, yang sangat menyambut secara positif kegiatan PKRS ini. Berharap kegiatan berjalan dengan baik dan materi yang disampaikan dapat di pahami oleh para murid sehingga manfaat ilmu yang murid – murid terima dapat disebarluaskan kepada keluarga ataupun orang sekitar dari murid – murid.

Kepala Instalasi Pelayanan Humas dan PKRS Memaparkan bahwa Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan sebagai Rujukan Respirasi Nasional, akan selalu mengadakan promosi kesehatan ke sekolah-sekolah di sekitar RSUP Persahabatan.  Pada kesempatan ini Kepala Instalasi Pelayanan Humas dan PKRS  Yusuf Nurhakim, ST menyerahkan plakat  dan menyerahkan secara simbolik  Biskuit PMT anak sekolah  kepada kepala sekolah SDN No 10 Pisangan .

Acara diakhiri dengan pembagian biskuit PMT anak sekolah kepada murid murid sekolah Dasar Negeri 10 Pisangan dan Photo bersama.

 


Galeri Photo :

 

PKRS Hari Gizi 1

Sambutan dari Kepala IPH & PKRS Yusuf Nurhakim, ST mengawali acara PKRS menyambut Hari Gizi

 

PKRS Hari Gizi 2

Sosialisasi 6 langkah cuci tangan menurut WHO oleh tim PPI.

 

PKRS Hari Gizi 3

Siswa-siswi peserta PKRS turut mempraktekan 6 langkah cuci tangan.

 

PKRS Hari Gizi 4

PKRS eksternal diadakan di SDN Pisangan Timur 10 Pagi dalam rangka Hari Gizi Nasional 2017.

 

PKRS HAri Gizi 8

PKRS Internal yang dilaksanakan di Klinik Penyakit Dalam oleh Bethesrida, SKM dari Instalasi Gizi.

 

PKRS Hari Gizi 6

Penyerahan Biskuit PMT secara simbolik kepada Kepala SDN10 Pisangan Timur Tugino, S.Pd, M.MPd.

 

PKRS HAri Gizi 7

Kepala SDN Pisangan Timur 10 Pagi bersama guru dan staff foto bersama tim PKRS RSUP Persahabatan.

 

PKRS Hari Gizi 5

Foto bersama usai pelaksanaan PKRS Hari Gizi Nasional 2017.

 

 

 

 




 Baca Juga !!!
Artikel

Pengumuman

^ Kembali ke atas