Cari Dokter
Berita
Jumat, 21 april 2017
“KENALI HEMOROID PADA WANITA SEDINI MUNGKIN” SEMINAR PERDULI WANITA PERINGATI HARI KARTINI
“KENALI HEMOROID PADA WANITA SEDINI MUNGKIN” SEMINAR PERDULI WANITA PERINGATI HARI KARTINI

“KENALI HEMOROID PADA WANITA SEDINI MUNGKIN”

SEMINAR PERDULI WANITA PERINGATI HARI KARTINI

 

Hemoroid atau wasir atau dikenal juga dengan istilah ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di bagian bawah anus dan rektum (di bagian dubur). Gejala yang paling sering dijumpai dan menjadi ketakutan bagi sebagian besar penderita adalah buang air besar berdarah serta rasa tidak nyaman di anus.

Hemoroid umum dijumpai pada wanita saat hamil, pada kelompok dewasa usia 45-65 tahun, pada kondisi obesitas, dan pada mereka yang kurang mengonsumsi diet tinggi serat. Hemoroid pada wanita kerap timbul pada kehamilan disebabkan pembesaran rahim menimbulkan penekanan pada pembuluh darah di usus besar yang berakibat penonjolan pembuluh darah tersebut dan terjadilah hemoroid.

Menyambut hari Kartini, RSUP Persahabatan sebagai rumah sakit tipe A mempersembahkan seminar awam yang mengupas tuntas permasalahan hemoroid, khususnya di kalangan wanita. Mengangkat tema "Kenali Hemoroid Pada Wanita Sedini Mungkin", seminar ini diadakan pada hari Kamis tanggal 20 April 2017, bertempat di Aula Griya Puspa lantai 2.

Membuka seminar, Direktur Utama RSUP Persahabatan dr. Mohammad Ali Toha, MARS menyampaikan, “Harapan dari diadakannya acara ini agar peserta dapat mengenali tentang Haemoroid atau wasir, pencegahan dan pengobatan dengan tekhnologi modern dalam penanganan wasir ini. Dalam rangka memperingati hari Kartini dimana kita ketahui semua, bagaimana semangat Kartini dalam bergerak menjadi pendorong kemajuan kaum wanita, acara ini dipersembahkan untuk menambah wawasan  ibu-ibu yang hadir agar dapat menjadi inisiator dalam penanganan wasir”.

Menghadirkan para pakar di bidangnya, antara lain :

  1. dr. Maulana Suryamin SpPD-KGEH adalah dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi (saluran cerna), menyampaikan topik mengenai diagnosis hemoroid secara holistic dan pilihan pengobatan medikamentosa serta invasif minimal melalui teknik endoskopi saluran cerna.
  2. dr. Wahyu Sriningsih SpB(K)BD yang merupakan spesialis bedah konsultan bedah digestif (saluran cerna), mengedepankan permasalahan hemoroid dari aspek pembedahan atau operasi yang perlu diketahui masyarakat secara benar.
  3. dr. Purnawan Senoaji, SpOG, spesialis kebidanan dan kandungan, yang secara khusus membicarakan mengenai hemoroid pada kehamilan, dimana hal ini seringkali menjadi permasalahan selama ibu hamil dan dalam proses persalinan. 

Dihadiri oleh sekitar 200 peserta yang berasal dari berbagai kalangan dan komunitas selain kelompok pasien RSUP Persahabatan (kelompok pasien diabetes, rehabilitasi medik, dll). Masyarakat diajak berpartisipasi mengikuti acara ini agar dapat mendengarkan mengenai apa itu hemoroid secara detail, mengenali gejala dan tanda sejak dini, hingga pilihan pengobatan yang dapat dilakukan.

Selain seminar awam untuk memeriahkan peringatan hari Kartini, Tim Marketing juga mengadakan lomba peragaan busana tradisional untuk karyawan/wati RSUP Persahabatan (dokter, perawat dan staf) yang mengawali kegiatan pada kamis pagi di Lobi Gedung Griya Puspa RSUP Persahabatan.


Galeri Photo :

Kartini 2017 1

Direktur Utama RSUP Persahabatan dr. Mohammad Ali Toha, MARS saat memberikan sambutan.

 

Kartini 2017 3

dr. Maulana Suryamin SpPD-KGEH menyampaikan materi "Mengenali Secara Dini dan Mencegah Hemoroid Pada Wanita".

 

Kartini 2017 5

dr. Wahyu Sriningsih SpB(K)BD memaparkan materi permasalahan hemoroid dari aspek pembedahan.

 

Kartini 2017 6

dr. Purnawan Senoaji, SpOG menerangkan materi tentang Hemoroid pada wanita hamil.

 

Kartini 2017 9

Peserta lomba busana tradisional yang diikuti oleh karyawan RSUP Persahabatan.

Kartini 2017 2

Sapa Pelanggan dilakukan oleh peserta lomba dengan memakai busana tradisional.

 

Kartini 2017 8

Para pemenang lomba busana tradisional berfoto bersama panitia pelaksana.

 

 



 Baca Juga !!!
Artikel

Pengumuman

^ Kembali ke atas