Cari Dokter
Artikel
Jumat, 05 agustus 2016
PEKAN ASI SEDUNIA 2016 - SUDAH MENJADI RUTINITAS RSUP PERSAHABATAN DALAM MENGGIATKAN PEMBERIAN ASI
PEKAN ASI SEDUNIA 2016 - SUDAH MENJADI RUTINITAS RSUP PERSAHABATAN DALAM MENGGIATKAN PEMBERIAN ASI

 

PEKAN ASI SEDUNIA 2016 - SUDAH MENJADI RUTINITAS RSUP PERSAHABATAN DALAM MENGGIATKAN PEMBERIAN ASI

 

Pekan ASI Sedunia merupakan peringatan setiap tahun yang diadakan pada tanggal 1 sampai 7 Agustus. Tahun ini tema yang diambil adalah “Breastfeeding: A Key to Sustainable Development.” Sebagai bentuk perlindungan, promosi dan dukungan menyusui bagi para ibu dan bayi,  tidak hanya di dunia tetapi pemerintah indonesia juga  menuangkannya dalam undang – undang tentang pemberian ASI eksklusif.

Terkait Pekan ASI Sedunia, pada tanggal 4 Agustus 2016 Tim Humas berkesempatan bertemu dengan dr. Agnes Yuni Purwita Sari, Sp.A(K)  salah satu  staff ahli di RSUP Persahabatan. Dalam wawancara kami dr. Agnes menyampaikan bahwa edukasi tentang pentingnya ASI eksklusif sejak awal kehidupan bayi, sudah menjadi kegiatan rutinitas di RSUP Persahabatan.

Pada penelitian, ASI diberikan bukan hanya kepada bayi sehat tetapi bayi dengan kegawatan yang dirawat di NICU diwajibkan pemberian ASI sesuai indikasi dari dokter dengan oral care yaitu mengoleskan ASI di daerah mulut bagian dalam karena setets ASI pun sangat berguna untuk melapisi mukosa pencernaan bayi dan menghindari kolonisasi bakteri.

Khasiat dan kelebihan ASI adalah sangat berpengaruh untuk imunitas yang lebih baik,  zat – zat yang terkandung semuanya dibutuhkan dan cocok untuk bayi, selain itu juga ekonomis dan steril dibandingkan dengan susu formula. Manfaat jangka panjang ASI bagi anak adalah mencegah obesitas serta mencegah penyakit cardiovasculer dan metabolik.

RSUP Persahabatan menjadikan rumah sakit sayang ibu dan bayi. Dalam upaya menggiatkan agar ibu memberikan ASI pada bayinya maka dibuat program pemberian ASI sejak bayi lahir dengan mengadakan rawat gabung antara ibu dengan bayi, disediakannya ruangan untuk menyusui dengan metode kangguru mother care, edukasi cara menyusui, memerah ASI, penyimpanan dan pentransferan ASI peras pada bayi yang di rawat dengan benar, lengkap dan didukung dengan flyer, poster, video dan praktek langsung.  

Ruang Perinatologi RSUP Persahabatan terdapat 3 level yang dibedakan dengan adanya faktor resiko, kegawatan dan infeksi pada bayi. Bayi dengan kegawatan baik nafas maupun himodinamik dan bayi kecil sehingga dibutuhkan pengawasan ketat ditempatkan pada Neonatal Intensive Care Unit (NICU) atau level 3. Di level dua dengan kondisi lebih bagus tetapi masih membutuhkan infus dan bayi siap pulang. Level satu adalah bayi lahir dengan klinis baik dan ibu yang mempunyai faktor resiko infeksi. Di klinik Anak dan klinik Kebidanan RSUP Persahabatan  juga disediakan ruang untuk laktasi ibu.

 

dr. Agnes



 Baca Juga !!!
Artikel

Pengumuman

^ Kembali ke atas