Cari Dokter
Artikel
Senin, 23 januari 2017
HIDUP SEHAT DENGAN KONSUMSI BUAH DAN SAYUR
HIDUP  SEHAT  DENGAN  KONSUMSI BUAH DAN SAYUR

HIDUP  SEHAT  DENGAN  KONSUMSI BUAH DAN SAYUR

Instalasi Gizi RSUP Persahabatan

 

Konsumsi buah dan sayur dapat menurunkan resiko  penyakit jantung yang menyebabkan kematian. Antioksidan pada buah dan sayur dapat mengatasi serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya kanker. Buah dan sayur mengandung serat pangan yang tinggi untuk mencegah penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Karena buah dan sayur mengandung serat pangan yang tinggi tapi rendah energi, lemak dan karbohidrat baik sekali untuk  penurunan berat badan.

Buah dan sayur berperan mengatur pertumbuhan , pemeliharaan  dan pengganti sel sel  pada tubuh.Buah membantu mencegah  kerusakan  sel akibat aktivitas molekul radikal bebas.Asupan  vitamin c yang tinggi seperti jeruk segar dapat mencegah kenaikan  LDL teroksidasi  yang merupakan faktor resiko berkembangnya penyakit jantung.

Buah dan sayur sumber vitamin C. Selain Itu buah dan sayur juga mengandung zat gizi berupa  vitamin B,A,D dan E, Mengandung mineral Fe, Zn,Cu,Mn,Ca dan P.Buah yang mengandung tinggi vitamin C antara lain jambu biji,jeruk, mangga dan sirsak. Selain itu juga mengandung zat non gizi seperti , enzim dan pigmen.Buah tinggi vitamin c terdapat pada mangga,kiwi,melon, jeruk, strowberry, anggur dan nanas,buah tinggi vitamin A terdapat pada mangga, semangka,melon, Buah tinggi serat terdapat pada apel , anggur, strowberry ). Buah sumber antioksidan  terdapat pada kurma, bluberry,strobery, cerry,lemon , anggur merah , delima , buah bit.Untuk itu konsumsilah buah 400 gr . 500 gr sehari . Dan konsumsilah sayur 3- 5 porsi sehari. 1 porsi sama dengan 100 gr sayur matang  pada menu makan pagi, siang dan malam.

 

Gizi 1



 Baca Juga !!!
Artikel

Pengumuman

^ Kembali ke atas