Cari Dokter
Artikel
Selasa, 14 maret 2017
Stop Skip Challenge
Stop Skip Challenge

Skipchallenge ini ada beberapa bahaya yang ditimbulkan. Yang paling berbahaya tentu bisa menyebabkan "skip selamanya" alias meninggal alias mati sia-sia.

Kematian dapat terjadi karena dada yang ditekan kuat berakibat proses kembang-kempisnya paru terganggu sehingga tentu oksigen yang masuk paru berkurang sehingga terjadi hipoksemia (berkurangnya oksigen dalam darah).

Oksigen yang masuk berkurang berakibat organ penting dalam tubuh kekurangan oksigen pula seperti otak, jantung dll yang berakibat fungsinya terganggu.

Kekurangan oksigen beberapa waktu sudah cukup menyebabkan malaikat maut menghampiri orang skipchallenge tersebut. Skipchallenge yang terlalu keras tentu bisa berakibat tulang rusuk yang berfungsi melindungi organ dada mengalami patah. Akibatnya patahan tulang rusuk tadi bisa menembus paru sehingga parunya mengalami pneumotoraks (kolaps paru) seperti balon ketusuk jarum, atau kalau lagi sial tulang patah bisa menembus jantung akhirnya "skip selamanya".

Seorang dokter spesialis paru (Sp.P) tentu berkewajiban menyampaikan hal ini karena skipchallenge menyebabkan proses respirasi menjadi terganggu. Saya memisalkan tindakan skipchallenge seperti penekanan dada pada Resusitasi Jantung Paru (RJP) yang hasil dan tujuannya saling bertolak belakang.

Bagi para remaja atau anda yang mau mencoba skipchallenge silahkan pikirkan bahayanya.

 

oleh : dr.Andika Chandra Putra, Sp.P

dokter spesialis Paru RSUP Persahabatan

 



 Baca Juga !!!
Artikel

Pengumuman

^ Kembali ke atas