Bedah Koreksi Rahang atau Bedah Ortognatik

 Home / Artikel /Bedah Koreksi Rahang atau Bedah Ortognatik
Bedah Koreksi Rahang atau Bedah Ortognatik

Bedah Koreksi Rahang atau Bedah Ortognatik

Oleh: drg. Addys Rino, Sp.BM

RSUP Persahabatan

 

Merupakan: tindakan pembedahan yang dimaksudkan untuk mengoreksi bentuk ataupun hubungan rahang dalam hubungannya dengan fungsi bicara, pengunyahan ataupun kondisi lain.

Disebut juga Bedah Ortognatik.

 

Dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut dan maksilofasial dibantu oleh dokter gigi spesialis ortodonsia dalam perencanaan dan tindak lanjut paska pembedahannya.

 

Tindakan ini dilakukan di rumah sakit, tepatnya di ruangan operasi dengan setting bius umum.

 

Bedah koreksi rahang dilakukan ketika pertumbuhan rahang sudah berhenti, biasanya ditandai dengan foto ronsen metakarpal (ronsen telapak tangan), atau pada umumnya pada usia dewasa yaitu 18 tahun keatas.

 

Prosedur ini dilakukan untuk mengoreksi bentuk ataupun hubungan rahang yang membuat fungsi pengunyahan ataupunbicara, antara lain: rahang bawah yang terlalu maju sehingga sulit mengunyah, ataupun rahang atas yang tidak tumbuh dengan sempurna dikarenakan adanya kecelakaan ataupun kondisi lain seperti celah bibir dan langitan.

 

Diawali dari asesmen atau pemeriksaan dan perawatan dari dokter gigi spesialis ortodonsia, dimana apabila hubungan rahang tidak dapat dikoreksi secara perawatan orthodonsia maka akan dilanjutkan dengan bedah koreksi rahang.

 

Selanjutnya untuk hasil yang maksimal akan dilanjutkan kembali dengan perawatan orthodonsia. Sebelum pembedahan akan dilakukan beberapa pemeriksaan dan pengukuran untuk menjamin hasil yang optimal. Bedah koreksi rahang dimaksudkan untuk mengoreksi fungsional, apabila terjadi bentuk kosmetik yang lebih baik, itu hanyalah bonus.(Produksi Promkes | Publikasi Hukormas)

 

Sumber:

  1. Siaran Radio Kesehatan Kemenkes RI: 2021
  2. https://www.indonesiabanobagi.com/contour/contourSquare.php