Deteksi Dini Kanker Mulut

 Home / Artikel /Deteksi Dini Kanker Mulut
Deteksi Dini Kanker Mulut

Deteksi Dini Kanker Mulut

Instalasi Humas & Pemasaran bekerja sama dengan Kelompok Staf Medis Gigi & Mulut mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik: “Deteksi Dini Kanker Mulut”.Acara ini dilaksanakan di Klinik Gigi & Mulutdengan narasumber drg. Kussulistyowati, Sp.ORT serta coass FKG-UIpada hari Kamis, 9 Mei 2019, Pukul 09.00 s/d 10.00 WIB.

 

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga yang sedang berada di Ruang Tunggu Klinik Gigi& Mulut. Dalam kegiatan PKRS ini, narasumber menyampaikan tentang Kanker Mulut dan hal-hal yang berkaitan dengan Kanker Mulut. Bagi perokok, minum alkohol berlebihan, memiliki pola makan tidak sehat, menyirih pinang berisiko untuk terkena penyakit kanker mulut.

 

Kanker adalah pertumbuhan jaringan yang tidak dapat dikendalikan. Kanker mulut merupakan kanker ke-6 paling banyak di Dunia.

 

Tempat yang sering terkena kanker mulut seperti di lidah, bibir, langit-langit dan gusi. Deteksi dini kanker mulut dapat menyelamatkan Anda. Berhati-hati dengan luka yang tidak sembuh setelah 4 minggu, bercak putih atau merah di dalam mulutserta bengkak, berdarah atau tumbuh daging di dalam mulut.

 

Ada 9 langkah mudah untuk periksa mulut sendiri. Namun sebelum melakukan langkah-langkah periksa mulut, harus mencuci tangan terlebih dahulu & mengambil posisi berdiri di depan cermin. Adapun 9 langkah untuk periksa mulut sendiri tersebut adalah sebagai berikut,  yang diawali dengan pemeriksaan : 1. Bibir & gusi atas 2.Bibir & gusi bawah 3. Pipi kanan 4. Pipi kiri 5. Lidah 6. Langit-langit 7. Dasar mulut 8. Pinggir kanan lidah 9. Pinggir kiri lidah. Jika menemui hal yang tidak normal, segera pastikan ke dokter gigi.

 

Pencegahan maupun deteksi dini kanker mulutdapatdilakukan dengan menjaga kebersihan gigi & mulut, menghentikan kebiasaan buruk yang merupakan faktor risiko kanker kulit, rutin melakukan periksa mulut sendiri dan kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali.

 

Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi Klinik Gigi & Mulut RSUP Persahabatan

Di Instalasi Rawat Jalan Lantai 3