Gizi Ibu Menysui dan Manfaat Asi

 Home / Artikel /Gizi Ibu Menysui dan Manfaat Asi
Gizi Ibu Menysui dan Manfaat Asi

Gizi Ibu Menysui dan Manfaat Asi

Gizi Ibu Menysui dan Manfaat Asi

 

Instalasi Pelayanan Humas & PKRS bekerja sama dengan Instalasi Gizi mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik: “Gizi Ibu Menysui dan Manfaat Asi”. Acara ini dilaksanakan di Ruang Kebidanan Angrek dengan narasumber Rumondang. pada hari Selasa, 13 Maret 2018, Pukul 10.00 s/d 11.00

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh lebih kurang 10 pasien & keluarga yang sedang menunggui. Dalam kegiatan PKRS ini, disampaikan pengertian ibu menyusui dan asi ekslusif? yaitu periode ibu dalam memberikan makanan berupa ASI pada bayi melalui payudaranya. ASI Eksklusif adalah : Memberikan ASI saja kepada bayi sampai bayi berusia 6 (enam) bulan kecuali obat dan vitamin.

Manfaat ibu menyusui ASI yaitu zat-zat gizi yang yang lengkap, mudah dicerna, diserap secara efesien, melindungi terhadap infeksi, biaya lebih rendah  dibanding asupan buatan, membantu bonding dan perkembangan, membantu menunda kehamilan baru dan melindungi kesehatan ibu.

Dari psikologis manfaaat ibu menyusui adanya ikatan emosional dekat, hubungan kasih sayang antara ibu dan bayi, Ibu lebih puas secara emosional, bayi kurang menangis, perilaku ibu yang lebih mencintai, mengurangi keinginan untuk menyiksa dan menelantarkan bayi. Dari perkembangan bayi, anak menunjukkan tingkat kecerdasan yang lebih dan perilaku bermasalah pada anak berkurang.