Gizi Seimbang

 Home / Artikel /Gizi Seimbang
Gizi Seimbang

Gizi Seimbang

Instalasi Humas & Pemasaran bekerja sama dengan Instalasi Gizi mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik: “Gizi Seimbang”. Acara ini dilaksanakan di Klinik Penyakit Dalam dengan narasumber Diah Sintani, AMG pada hari Senin, 6 Mei 2019, Pukul 08.00 s/d 09.00 WIB.

 

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga yang sedang berada di ruang tunggu Klinik Penyakit Dalam. Dalam kegiatan PKRS ini, narasumber menjelaskan Gizi Seimbang adalah susunan hidangan makanan sehari yang terdiri atas berbagai ragam bahan makanan yang berkualitas dalam jumlah dan proporsi yang sesuai dengan aktifitas fisik, umur, jenis kelamin dan keadaan fisiologi tubuh sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi seseorang, guna pemeliharaan dan perbaikan sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan secara optimal.

 

Berikut 13 pedoman gizi seimbang: 1. Makanlah aneka ragam makanan 2. Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi 3. Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi 4. Batasi konsumsi lemak & minyak sampai seperempat dari kecukupan energi 5. Gunakan garam beriodium untuk mencegah timbulnya Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI). 6. Makanlah makanan sumber zat besi untuk mencegah anemia 7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai berumur 6 bulan 8. Biasakan makan pagi (sarapan) 9. Minumlah air bersih, aman dan cukup jumlahnya 10. Lakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur 11. Hindari minum minuman beralkohol 12. Makanlah makanan yang aman bagi Kesehatan 13. Bacalah label pada makanan yang dikemas.

 

Piring makanku terdiri dari, makanan pokok, lauk-pauk, buah-buahan dan sayuran jangan lupa minum air putih serta cuci tangan dahulu sebelum makan. Batasi gula, garam dan minyak. Piring makanku, seimbangkan kalori dengan nikmati makanan Anda, tapi dalam porsi cukup dan hindari porsi yang berlebihan. Jenis makanan yang harus dikurangi, bandingkan kandungan sodium atau garam di berbagai makanan, seperti sup, roti, dan makanan beku. Pilihlah jenis makanan dengan kadar sodium yang lebih rendah. Kurangi konsumsi minuman manis terutama disaat sahur.

 

Tetapi untuk yang berdiit khusus seperti, Diet DM, Diet Rendah Garam (RG), Diet Rendah Protein (RP) , Diet Tinggi Energi Tinggi Protein (TETP) dan lain-lain, maka kebutuhan Zat Gizi dan pemakaian bahan makanan serta pola makannya harus menyesuaikan dengan masing-masing  diitnya.  

 

Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi Klinik Gizi RSUP Persahabatan

Di Instalasi Rawat Jalan Lantai 2