Gizi Tepat Untuk Perkembangan Otak dan Kesehatan Balita

 Home / Artikel /Gizi Tepat Untuk Perkembangan Otak dan Kesehatan Balita
Gizi Tepat Untuk Perkembangan Otak dan Kesehatan Balita

Gizi Tepat Untuk Perkembangan Otak dan Kesehatan Balita

Instalasi Humas & Pemasaran bekerja sama dengan Instalasi Gizi mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik: “Sarapan Pagi”. Acara ini dilaksanakan di Klinik Anak dengan narasumber Nurul Huda, S.Gz pada hari Rabu, 11 September 2019, Pukul 09.00 s/d 10.00 WIB.

 

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga yang sedang berada di Ruang Tunggu. Dalam kegiatan PKRS ini, narasumber menjelaskan tentang sarapan pagi. Sarapan adalah kebutuhan manusia yang seharusnya dilakukan teratur setiap pagi, untuk kebutuhan nutrisi dan perkembangan otak, yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk dan sayuran.

 

Sarapan pagi dilakukan teratur setiap hari pukul 06.00 – 09.00 WIB. Idealnya sarapan pagi memenuhi energi dan zat gizi 20-30% dari kebutuhan atau setara dengan 400 kkal. Manfaat pentingnya sarapan pagi di antaranya adalah mencukupi kebutuhan gizi anak ,memberikan kekuatan kembali ke dalam tubuh setelah tidur semalaman, memberi energi untuk berfikir dan meningkatkan konsentrasi, mencegah penyakit gastritis (radang lambung) dan dapat membudayakan hidup sehat.

 

Bagaimana dengan anak yang belum terbiasa sarapan pagi? Pemberian sarapan dilakukan secara bertahap. Mula-mula berikan dengan takaran (porsi) yang kecil/sedikit . Secara bertahap porsi makanan ditambah sesuai dengan anjuran. Apa akibat  jika tidak sarapan pagi? Melewatkan sarapan pagi akan menyebabkan tubuh kekurangan glukosa, sehingga dapat menyebabkan, konsentrasi berkurang dan tubuh akan lemah.

 

Efek yang muncul dalam jangka pendek, misalnya : Gangguan pada saluran pencernaan dan badan tiba-tiba menjadi lemas. Sedangkan efek jangka panjang, misalnya : Penurunan konsentrasi anak dan menurunnya sistem imun tubuh. Berisiko mengalami obesitas, mudah lapar dan lebih mudah sakit. Contoh sarapan pagi:

 

  • Roti isi selai + susu
  • Sereal +telur rebus+ susu + buah
  • bubur ayam / Nasi + lauk + sayuran.

 

Agar seimbang dan lengkap nilai gizi nya sarapan hendaknya tersusun dari jenis pangan seperti : karbohidrat, protein, sayur dan buah.

 

Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi Klinik Gizi RSUP Persahabatan

Di Gedung Rawat Jalan Lantai 2