HAND HYGIENE

 Home / Artikel /HAND HYGIENE
HAND HYGIENE

HAND HYGIENE

HAND HYGIENE

 

Instalasi Pelayanan Humas & PKRS (Promosi Kegiatan Rumah Sakit) bekerja sama dengan Komite Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi (PPI) mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik: “Kebersihan Tangan Untuk Pengunjung”. Acara ini dilaksanakan di Klinik Asma dengan narasumber Susilowati, S.Kep, Ns pada hari Selasa, 10 Juli 2018, Pukul 08.00 s/d 09.00 WIB.

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga yang sedang berada di Ruang Tunggu Klinik Asma. Dalam kegiatan PKRS ini, narasumber menjelaskan bahwa cuci tangan adalah suatu prosedur tindakan membersihkan tangan dengan 6 langkah cuci tangan. Bila menggunakan sabun cuci tangan 6 langkah tersebut memerlukan waktu 40 – 60 detik di bawah air mengalir dan bila menggunakan handrub (berbasis alkohol), memerlukan waktu 20 -30 detik.

Apa akibat bila kita tidak cuci tangan, yaitu akan menularkan infeksi kuman kepada pasien, menyebabkan penyakit serius, lama hari rawat meningkat dan biaya pengobatan meningkat serta yang paling parah dapat menyebabkan kematian. Kebersihan tangan, cuci tangan dengan air dan sabun jika tangan terlihat kotor, gosok tangan dengan hand rub berbasis alkohol jika tangan tidak terlihat kotor dan jangan menyentuh kembali area permukaan lingkungan sebelum melakukan tindakan.

Tujuan kebersihan tangan adalah untuk menghilangkan kotoran dari kulit secara mekanis dan mengurangi jumlah mikroorganisme sementara. Teknik kebersihan tangan, sebelum melakukan kebersihan tangan pastikan perhiasan cincin, termasuk cincin kawin, gelang, arloji, tidak dipakai. Kulit di bawah perhiasan terdapat kolonisasi yang berat , sulit dibersihkan/dekontaminasi.