Hidup Berkualitas Dengan Penyakit Ginjal

 Home / Artikel /Hidup Berkualitas Dengan Penyakit Ginjal
Hidup Berkualitas Dengan Penyakit Ginjal

Hidup Berkualitas Dengan Penyakit Ginjal

Oleh: dr.Muhammad Syafiq SpPD- KGH

Dari: RSUP Persahabatan

 

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh.  Fungsinya membuang kelebihan air dan racun, mengatur tekanan darah, membantu produksi sel darah merah dan menjaga tulang tetap kuat.  Kerja ginjal sangat efisien sehingga biasanya butuh waktu lama sebelum muncul gejala penyakit ginjal.

 

Penyakit ginjal kronik menyerang 1 dari 10 orang di dunia. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit ginjal kronik.  Sebagian besar disebabkan Diabetes dan Hipertensi.

Berbagai macam jenis penyakit ginjal, antara lain :

 

  1. Infeksi saluran kemih : adanya sumbatan pada saluran kemih sehingga air kemih akan terhambat, bisa menimbulkan kolonisasi kuman dan menimbulkan gejala seperti: sakit pinggang atau punggung, demam, Mual, Lemas, nyeri saat buang air kecil, serta adanya darah atau nanah dalam air kemih.

 

  1. Batu Ginjal: Kondisi ini terjadi jika zat tertentu didalam ginjal menumpuk, mengendap, dan membentuk gumpalan keras berupa batu , bisa berupa : kalsium, Oksalat, dan asam urat.

 

  1. Gangguan Ginjal akut: kondisi ginjal tidak dapat berfungsi Normal secara tiba- tiba, bisa disebabkan beberapa faktor: dehidrasi berat, efek samping obat- obatan tertentu, sepsis dll.

 

  1. Gagal ginjal kronis: adalah: Penurunan fungsi ginjal yang berlangsung lama, minimal 3 bulan.  bisa disebabkan oleh: gagal ginjal akut yang tidak ditanggulangi dengan baik, penyakit tertentu seperti: diabetes dan hipertensi.

 

  1. Penyakit ginjal diabetik : adalah penyakit ginjal yang disebabkan oleh penyakit diabetes yang tidak terkontrol baik.  Gejala yang menyertai bisa lemas, bengkak pada tungkai dan kaki,  gatal-gatal  dan sesak.

 

  1. Sindrom nefritik: adalah: penyakit ginjal yang disebabkan oleh: akibat peradangan pada glomerulus(bagian dari ginjal yang berfungsi menyaring darah), yang dapat menimbulkan gejala seperti:  pembengkakan di beberapa bagian tubuh akibat penumpukan cairan, adanya sedimen eritrosit dalam air kemih, bila berlangsung lama tanpa diobati bisa berakibat gagal ginjal kronik.

 

  1. Sindrom nefrotik: dimana terjadinya kebocoran pada glomerulus, sehingga terdapat banyak protein dalam urine. Bisa menimbulkan gejala seperti: lemah, letih serta tidak nafsu makan, urine berbusa, bengkak disekitar mata, lengan dan kaki.

 

  1. Tumor ginjal:adalah Benjolan pada ginjal akibat pertumbuhan sel abnormal ada yang bersifat jinak dan ganas. Penyebab tumor ginjal belum dapat diketahui, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya tumor pada ginjal: Obesitas dan pola makan yang tidak sehat,Riwayat hipertensi atau penyakit kanker ginjal dalam  keluarga serta sering terpapar radikal bebas, seperti merokok.

 

Diabetes melitus adalah penyakit metabolik akibat defisiensi insulin dan atau resistensi insulin. Diabetes yang tidak terkontrol dalam waktu lama akan memicu terjadinya kebocoran protein lewat ginjal. Kebocoran protein yang terjadi pada ginjal penderita diabetes mulai dari adanya mikroalbuminuria, mikroalbuminuria umumnya sebagai eksresi albumin lebih dari 30 mg perhari dan dianggap penting untuk timbulnya nefropati diabetik. Jika tidak dikontrol  akan berkembang menjadi proteinuria secara klinis dan berlanjut dengan penurunan  laju filtrasi glomerular dan berakhir dengan keadaan gagal ginjal terminal.

 

Pentingnya diet sehat pada penderita gagal ginjal untuk menyeimbangkan elektrolit, mineral, dan cairan di dalam tubuh agar meringankan beban kerja ginjal yang telah mengalami kerusakan dan penurunan fungsi.

 

Pada pasien yang sudah mengalami Gagal ginjal terminal, untuk tetap hidup berkualitas perlu terapi pengganti ginjal seperti  hemodialisis (cuci darah),  untuk menggantikan fungsi ginjal yang sudah tidak bisa bekerja dengan baik akibat kerusakan pada organ tersebut.

 

Penderita penyakit ginjal yang belum terminal memerlukan diet rendah protein  untuk mengurangi progresivitas penurunan fungsi ginjal.

 

Cara agar penderita penyakit ginjal bisa hidup berkualitas:

  1. Rutin memeriksakan diri ke dokter
  2. Pertahankan berat badan ideal
  3. Olahraga teratur
  4. Atur pola makan dan hindari garam serta lemak yang berlebihan
  5. Yang sudah menjalani Hemodialisis, perlu dukungan keluarga

 

World kidney day (WKD) tahun 2021 mempunyai tema “ hidup berkualitas dengan penyakit ginjal” bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang pengelolaan gejala penyakit ginjal secara efektif, khususnya pada pasien penyakit ginjal kronik (PGK) yang membutuhkan pengobatan berkelanjutan.  Dengan pengobatan yang tepat dan pengelolaan gejala yang efektif, pasien PGK bisa menjalani hidup berkualitas. (Produksi Promkes | Publikasi Hukormas)