Jangan Kendor Cuci Tangan Pakai Sabun

 Home / Artikel /Jangan Kendor Cuci Tangan Pakai Sabun
Jangan Kendor Cuci Tangan Pakai Sabun

Jangan Kendor Cuci Tangan Pakai Sabun

Oleh: dr. Ni Made Desy Suratih, SP.OG(K)FER

RSUP Persahabatan

 

 

Kebersihan Tangan adalah:

menghilangkan mikroorganisme yang ada di tangan

 

Manfaat cuci tangan Pakai sabun dan air: untuk memutus mata rantai virus, bakheri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit

 

Kapan sebaiknya kita cuci tangan pakai sabun:

Sebelum makan, setelah memegang benda- benda dari tempat umum seperti gagang  pintu, meja, komputer dan dari tempat tempat tertentu, Misalnya dikamar mandi, habis berkebun, ganti pempers/ popok,terkena luka, dari tempat- tempat yang tidak bisa kita sadari.

 

Mengapa cuci tangan bisa mencegah penularan Covid-19: salah satu untuk memutus mata rantai penularan covid-19 yaitu dengan cuci tangan, karena banyak sekali penyakit- penyakit ditularkan secara tidak sadar ditularkan melaui tangan, misalnya virus, Bakhteri, habis memegang barang- tertentu yang berulang- ualng dan benda- benda di tempat umum tanpa sadar mengucek- ngucek mata, hidung, mulut,  sebagai tempat masuk nya kuman/ bakhteri.

 

Beda cuci tangan pakai sabun dengan cuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer/ hand rub:

Sabun: partikel- partikel virus dapat dilemahkan/ mati.karena lapisan terluar virus covid itu dari lemak,dapat di hancurkan dengan sabun.

 

Hand sanitizer: biasanya sering salah dalam penggunaannya Seperti telalu sedikit/ atau terlalu banyak, spora jamur tidak mati dengan hand rub yang berbasis alcohol yang kuran dari minimal 60%, dan lamanya nya juga penting diperhatikan minimal 20 detik, kalo pakai sabun waktunya minimal 40-60 detik, serta caranya dan jumlahnya ( Benar waktu, cara dan Jumlah).

 

Cuci tangan pakai sabun: semua sabun dapat digunakan,baik sabun cair, sabun batang sehingga daerah yang sudah di cuci bisa bersih.. tidak ada spesifikasi tertentu.

 

Tahapan- tahapan cuci tangan yang benar : siram tangan dengan air, lalu ambil sabun dan balurkan ke telapak  tangan, gosok- gosok punggung tangan kiri, lalu ke punggung tangan kanan,sela- sela jari, lalu ujung jarinya, putar- ibu jari kiri dan kanan, kemudian  telapak tangan setelah itu baru bilas lagi dengan air.

 

Apa yang menjadi kesalahan dalam melakukan cuci tangan: cara mencuci tangan dan juga waktunya dan jumlah sabun / hand rub serta lamanya yang belum sesuai.

 

Banyak orang yang malas cuci tangan pakai sabun karena dapat menimbulkan tangan kering, atau kasar bisa di sebabkan karena tangan yang sensitive, untuk tu pilih sabun yang lembut untuk mengurangi resiko alergi namun sabun tetap digunakan.

 

Wearness/ Kesadaran seseorang  tentang pentingnya cuci tangan saat ini  sudah meningkat, karena ditunjang dengan adanya fasilitas- fasilitas cuci tangan yang disediakan di tempat- tempat umum, Seperti supermarket sehingga dengan cuci  tangan penyakit- penyakit dapat di kendalikan. (Produksi Promkes | Publikasi Hukormas)

 

Sumber:

  1. https://id.pinterest.com
  2. Siaran radio kesehatan Kemenkes:RI  oktober 2021