Kanker Pada Usia Lanjut

 Home / Artikel /Kanker Pada Usia Lanjut
Kanker Pada Usia Lanjut

Kanker Pada Usia Lanjut

Instalasi Humas & Pemasaran bekerja sama dengan Unit Pelayanan One day Care mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik: “Kanker Pada usia Lanjut”. Acara ini dilaksanakan di Ruang  Tunggu One Day Care dan Hemodialisa dengan narasumber Meilla Lisdawani Silaban, AMK  Hari Rabu, 18 September 2019, Pukul 10.00 s/d 11.00 WIB.

 

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga yang sedang berada di Ruang  Tunggu One Day Care & Hemodialisa dalam kegiatan PKRS ini  narasumber menjelaskan fakta, kejadian kanker 10 kali lebih besar pada usia lanjut, laju kematian kanker pada usia lanjut 16 kali lebih besar dibanding usia di bawahnya dan perlunya pertimbangan khusus pada usia lanjut.

 

Karakter pasien usia lanjut, usia > 60 tahun, lebih dari satu penyakit, terjadi banyak komplikasi dan sudah ada sakit akibat peradangan misalnya pada kaki, ada sebagian organ menurun, adanya gangguan fungsi tubuh, lambatnya proses penyembuhan, tanda penyakit akut dan gangguan asupan makanan.

 

Apa yang bisa dilakukan? Mengatasi gangguan fungsional, tanyakan pada dokter atau tim perawatan keluarga Anda, apa target terukur yang direncanakan oleh dokter. Tanyakan perencanaan apa yang ditetapkan untuk si pasien yang bisa dinilai. Tanyakan pada dokter dan tim apakah perlu konsul untuk fisioterapi.

 

Untuk mengatasi masalah kognitif, dampingi pasien dalam program pengobatan, ketepatan jadwal kemo, pemberian obat minum. Latih pasien untuk membiasakan mengaji, mengisi quis sedehana, atau diberikan permainan berhitung secara sederhana.

 

Apa yang bisa dilakukan? Untuk mengatasi depresi, berikan dukungan dari keluarga, rangkul pasien dengan hati, laporkan pada dokter dan tim tentang perkembangan depresi pasien dan tanyakan apakah perlu obat penenang dan berikan lingkungan yang nyaman bagi pasien.

 

Untuk mengatasi nutrisi yang menurun? Selalu update berat badan dan tinggi badan pasien dan tanyakan secara aktif pada dokter atau tim tentang status nutrisi pasien apakah kurang/ cukup/ over. Berikan makanan tinggi kalori tinggi protein, kurangi asupan lemak, tingkatkan asupan buah dan sayuran. Makan dalam porsi kecil tapi sering. Jika berat badan semakin menurun dan asupan makan makin berkurang, minta pada dokter dan tim untuk konsul gizi.

 

Untuk mengatasi kelelahan? Pilihlah kegiatan harian prioritas pasien demi untuk menghemat energi. Lakukan tehnik pengalihan untuk mengalihkan fokus dari rasa lelah misalnya bersosialisasi, baca, nonton. Bantu pemenuhan adalah yang tidak bisa dilakukan mandiri.

 

Pasien kanker dengan usia lanjut membutuhkan pertimbangan khusus terkait adanya penurunan secara fisik, psikis, sosial dan kognitif/ kemampuan berpikir. Mari bantu mereka untuk mendapatkan kehidupan yang nyaman dan bermartabat.