Kesehatan Gigi & Mulut

 Home / Artikel /Kesehatan Gigi & Mulut
Kesehatan Gigi & Mulut

Kesehatan Gigi & Mulut

Kesehatan Gigi & Mulut

Instalasi Humas & Pemasaran bekerja sama dengan Kelompok Staf Medis Gigi & Mulut mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik: “Kesehatan Gigi & Mulut”.  Acara ini dilaksanakan di Klinik Jantung  dengan narasumber drg. Kussulistyowati, Sp.ORT serta Koas FKG UI pada hari Rabu, 3 Oktober 2018, Pukul 09.00 s/d 10.00 WIB

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga yang sedang berada di Ruang Tunggu Klinik Gigi. Dalam kegiatan PKRS ini, narasumber menjelaskan fungsi gigi sebagai pengunyah, keindahan dan untuk berbicara.

Penyebab gigi berlubang adalah malas menyikat gigi, menyikat gigi kurang bersih, sering makan makanan manis dan lengket, sering minum soda serta jarang makan sayur dan buah. Proses gigi berlubang adanya sisa makanan menempel pada gigi, yang menjadi tempat yang baik berkembangnya kuman. Pada gigi tidak disikat, kuman akan berkembang dan merusak yaitu gigi menjadi berlubang dan sakit.

Cara mencegah gigi berlubang:

  1. Menyikat Gigi secara teratur
  2. Mengurangi makanan dan minuman manis
  3. Menggunakan pasta gigi mengandung fluoride
  4. Berkumur air putih setelah makan
  5. Memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali

Manfaat menyikat gigi, gigi bersih dan percaya diri, mencegah sakit gigi, mencegah gigi berlubang dan mengurangi bau mulut. Kapan waktu sikat gigi yang baik? Sikat gigi 2 x sehari setelah makan dan sebelum tidur.

Bagaimana cara menyikat gigi yang baik? Dengan cara bagian luar 8 x gerakan, bagian kunyah 8 x gerakan, bagian dalam 8 x gerakan, menggosok lidah dan berkumur dengan air bersih. Kita harus memeriksakan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali secara teratur.

Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi Klinik Gigi & Mulut RSUP Persahabatan

Di Instalasi Rawat Jalan Lantai 3