Leukemia Akut Pada Anak

 Home / Artikel /Leukemia Akut Pada Anak
Leukemia Akut Pada Anak

Leukemia Akut Pada Anak

Oleh dr Dewi Angraeni, Sp.A(K)

 

Definisi Leukemia adalah:

Suatu keganasan sel darah yang berasal dari sumsum tulang, ditandai dengan poliferasi dari sel darah putih (leukosit) yang tidak terkendali, sehingga fungsinya menjadi tidak normal. Akibatnya sel- sel darah lain akan ikut terdesak sehingga menyebabkan fungsi sel darah lain yang normal menjadi terganggu.

 

Gejala- gejala: pucat, lemas, lesu, anak menjadi kurang aktif dan mudah lelah, tidak mampu melakukan aktivitas, segala bentuk manifestasi perdarahan, demam berulang atau persisten yang tidak diketahui penyebabnya, nyeri tulang, nafsu makan berkurang, kadang disertai penurunan berat badan, perut tampak membuncit (karena organ hati dan limpa membesar), pembesaran kelenjar getah bening.

 

Penyebab :

Penyebab pasti belum bisa diketahui. Namun beberapa faktor yang diduga sebagai pencetus dari leukemia akut ini seperti: cacat genetik,  radiasi, paparan zat kimia, gelombang elektromagnetik, merokok pada ibu hamil, infeksi virus atau bakteri tertentu, dan lain-lain. Disebut leukemia akut karena penyakitnya berkembang sangat cepat dan bisa mengakibatkan perburukan. Leukemia akut merupakan 30-40% dari seluruh keganasan pada anak. Tipe yang paling sering ditemukan adalah leukemia limfoblastik akut (LLA).

 

Komplikasi leukemia:

  1. Risiko munculnya jenis kanker darah lain, misalnya limfoma
  2. Perdarahan pada organ tubuh, seperti otak dan paru
  3. Tubuh rentan terhadap infeksi

Cara mendiagnosis penyakit leukemia akut pada anak:

  1. Anamnesis dan gejala klinis yang tampak pada anak
  2. Pemeriksaan darah lengkap
  3. Aspirasi sumsum tulang

Penanganan leukemia dibagi menjadi:

  1. Suportif, bertujuan mengobati penyakit lain yang menyertai leukemia dan mengobati komplikasi antara lain berupa pemberian transfusi darah, pemberian antibiotik, obat anti jamur, pemberian nutrisi yang baik, dan pendekatan aspek psikososial
  2. Kuratif, bertujuan menyembuhkan leukemianya melalui kemoterapi

Cara merawat anak dengan leukemia:

  1. Orang tua harus paham betul tentang penyakit leukemia dan mengetahui rencana pengobatan dan perawatan
  2. Pelajari risiko infeksi karena pasien kanker yang mendapat kemoterapi memiliki risiko infeksi yang besar
  3. Bantu kelola efek samping kemoterapi misalnya sajikan makanan yang bervariasi/pengganti makanan yang disukai anak sehingga anak tidak jatuh pada kondisi kurang gizi
  4. Berikan pengertian pada anak agar berpikir positif untuk membantu proses kesembuhan nya
  5. Buat kreativitas dirumah sehingga anak tidak bosan dan percaya diri 
  6. Persiapkan anak saat menjalani perawatan di Rumah sakit agar merasa nyaman

Kenali gejala dari leukemia. Karena deteksi dini dan penanganan tepat merupakan kunci terapi leukemia. Walaupun pada beberapa kasus leukemia tidak dapat disembuhkan secara total, namun dengan terapi yang tepat, maka kualitas hidup anak dengan leukemia dapat ditingkatkan secara optimal.

 

Sumber gambar: https://www.google.comanimasi leukemia