Menyiapkan ASI Berkualitas Demi Generasi Hebat

 Home / Artikel /Menyiapkan ASI Berkualitas Demi Generasi Hebat
Menyiapkan ASI Berkualitas Demi Generasi Hebat

Menyiapkan ASI Berkualitas Demi Generasi Hebat

Oleh dr. Amanda Mustika Sari, SpOG

ASI (air susu ibu) adalah  sumber asupan nutrisi utama bagi bayi baru lahir. ASI bersifat eksklusif, artinya masa enam bulan pertama, bayi tidak mengkonsumsi apapun selain ASI. WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif untuk bayi sampai berumur 6 bulan kemudian dilanjutkan bersama makanan pendamping ASI sampai bayi berumur 2 tahun.

 

Pemberian ASI sejak dini dan secara eksklusif amat penting bagi kelangsungan hidup seorang anak. Sejalan dengan tema Pekan Menyusui Dunia tahun 2022, Set Up for Breastfeeding: Educate and Support, WHO dan UNICEF menyerukan pemerintah, mitra, dan anggota masyarakat untuk mendukung ibu agar melanjutkan praktik menyusui yang optimal dan memperluas investasi yang dibutuhkan untuk mempromosikan pemberian ASI.

 

Melalui siaran Radio kesehatan Kementrian kesehatan RI di sampaikan oleh narasumber dr. Amanda Mustika Sari, SpOG  bahwa pemberian ASI bermanfaat untuk bayi dan ibu.

Untuk bayi, pemberian ASI akan

  1. Memberikan kandungan nutrisi yang ideal untuk bayi
  2. Membantu proses perkembangan otak, fisik
  3. Antibodi yang terkandung di dalam ASI untuk menunjang Imunitas/ kekebalan tubuh bayi sehingga bayi menjadi lebih kuat dan melindunginya dari alergi, infeksi virus dan bakteri
  4. Membuat anak menjadi cerdas di karenakan adanya hubungan emosional yang dekat antara ibu dan bayi pada proses menyusui

Sedangkan untuk ibu,

  1. Hormon oksitosin yang keluar saat menyusui akan mengurangi stres dan resiko depresi pasca-persalinan
  2. Menjadi alternatif kontrasepsi alami
  3. Membantu menurunkan berat badan pasca melahirkan
  4. Mengurangi resiko penyakit pada ibu seperti kanker payudara
  5. Dari aspek ekonomi, dan dapat menekan biaya tambahan membeli susu formula dan dari aspek lingkungan, bebas limbah, tidak repot mencuci botol susu

 

Program Menyiapkan ASI Berkualitas Demi Generasi Hebat dilakukan sejak masa kehamilan, ibu banyak belajar untuk memberikan ASI yang baik untuk bayinya, melalui konsultasi dengan dokter kandungan dan konselor laktasi, ditunjang dengan asupan nutrisi dan suplemen yang baik pada saat menyusui, sehingga proses menyusui bisa berjalan lancar. Pada usia kehamilan 28 minggu, lakukan konsultasi dengan dokter kandungan atau konselor laktasi untuk mendapatkan informasi mengenai:  anatomi payudara, mekanisme produksi ASI, keuntungan menyusui, manfaat ASI, lalu diusia kehamilan 36 minggu  diskusi mengenai  IMD / inisiasi menyusui dini dengan dokter. IMD adalah proses memberikan ASI sesegera mungkin pada si kecil dalam 30-60 menit setelah kelahirannya. Langkah ini dapat menjadi langkah awal yang baik bagi Ibu menjalani proses ASI eksklusif sampai dua tahun ke depan.

 

Untuk mendapatkan ASI eksklusif, ada peran kelompok pendukung (supporting group) seperti :

  1. Ayah
  2. Lingkungan keluarga (nenek, kakek, om dan tante)
  3. Tenaga kesehatan yang mensupport ibu selama proses kehamilan dan menyusui
  4. Kelompok pendukung ASI
  5. Nutrisi yang baik 4 sehat 5 sempurna

 

Menyusui merupakan proses fisiologis untuk memberikan nutrisi kepada bayi secara optimal. Tidak ada hal yang lebih bernilai dalam kehidupan seorang anak selain memperoleh nutrisi yang berkualitas sejak awal kehidupannya. Air Susu Ibu merupakan nutrisi ideal untuk menunjang kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan bayi secara optimal. ASI berkualitas adalah dambaan bagi setiap ibu, dengan memberikan ASI yang berkualitas kepada buah hati, maka ibu telah berkontribusi dalam perkembangan bayi dan juga membantu menciptakan  generasi yang hebat. (Produksi Promkes | Publikasi Hukormas)

 

Sumber : IDAI, WHO

gambar : https://www.google.com animasi ASI

Penulis: dr. Amanda Mustika Sari, SpOG; Azraini, S.Kep Ners