NYERI PUNGGUNG BAWAH

 Home / Artikel /NYERI PUNGGUNG BAWAH
NYERI PUNGGUNG BAWAH

NYERI PUNGGUNG BAWAH

Instalasi Humas & Pemasaran bekerja sama dengan Kelompok Staf Medis Syaraf mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik: “Nyeri punggung bawah”. Acara ini dilaksanakan di Ruang  tunggu syaraf dengan narasumber dr. Catur Banuaji, Sp.S hari Kamis, 5 September 2019, Pukul 09.00 s/d 10.00 WIB.

 

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga yang sedang berada di ruang tunggu Klinik Syaraf kegiatan PKRS ini, narasumber menjelaskan tentang apa itu nyeri, nyeri adalah perasaan sakit yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan kerusakan jaringan  atau yang berhubungan dengan proses kerusakan jaringan( IASP, 1986 ).  Sedangkan untuk nyeri punggung bawah atau low back pain biasa di singkat LBP, adalah nyeri yang dirasakan di sekitar punggung bawah, mulai dari bawah tulang rusuk, biasa disebut pinggang (lumbar), Berupa nyeri lokal nyeri radikular ataupun keduanya dan biasanya sering disertai dengan penjalaran nyeri kearah tungkai-kaki. Bagian tersering yang nyeri adalah berasal dari tulang belakang segmen lumbal – sakral. Bagian yang peka nyeri Kulit, bagian bawah kulit, jaringan lemak, otot, faset joint, sendi sakroiliaka, ligamen, vertebra, akar saraf dan pembuluh darah.

 

Penyebaran penyakit di Indonesia nyeri punggung bawah ini dijumpai pada usia dari 40 tahun keatas Keluhan yang paling sering dijumpai lebih dari 49 % Pada negara maju,  dialami 70%-80% penduduk, Pada negara maju, Nyeri punggung bawah atau LBP dialami 70%-80% penduduk, 1-2 % perlu dievaluasi untuk tindakan bedah,  8 % sembuh selama 8-12 minggu, 90 % sembuh spontan selama 2 sampai 6 minggu dan cenderung berulang (90%).

 

Penyebab nyeri punggung bawah, Tulang belakang dan persendian, Otot dan ligamen, saraf dan organ yang berisiko terkena nyeri punggung bawah adalah  Pria 35-55 tahun dan wanita yang usianya lebih dari 40 tahun yang mempunyai Riwayat Nyeri Punggung Bawah sebelumnya, Orang dengan pekerjaan berdiri lama, duduk lama, mengangkat beban berat, membungkuk, menarik,  menggunakan alat bervibrasi mekanik, dan memutar alat. Kehamilan, olahraga berat, kelebihan berat badan,  Mempunyai masalah psikososial, depresi, kecemasan, tuntutan kerja, masalah kehidupan pribadi dll.

 

Penyebab umum nyeri punggung bawah biasanya, Faktor usia/degeneratif, Kongenital/ perkembangan tulang, Trauma minor (tegang atau keseleo, tertarik, Patah tulang, Herniasi diskus intervertebral, degeneratif,  Herniasi diskus intervertebral, degeneratif, Penyebaran tumor, infeksi/inflamasi, Psikosomatis, Postural (sikap duduk, sikap berdiri, sikap membawa beban dll).

 

Penyebab mekanis  nyeri punggung bawah atau penyebab intrinsik/dari dalam (postur dan sistem otot) Postur dan sistem otot kurang baik, Biasanya postur badan yang kurang baik bisa di lihat dengan ciri  Letak kepala maju atau mundur, Kelainan bentuk dada, Perut menonjol, Kelainan bentuk tulang belakang, Pantat menonjol, Tonus/Kekuatan otot kurang, (kurang olah raga).

 

Postur dan sistem otot yang baik: Kepala tegak, Dada tinggi/tegak, Perut masuk ke dalam, Punggung lurus,Bagian atas pantat cekung, Berat  badan ideal, Tonus/Kekuatan otot baik, (dengan olah raga teratur).

 

Penyebab ekstrinsik/dari luar: Penyebab GINEKOLOGIS: posisi uterus yang tidak normal, tumor kandungan, kista ovarii, infeksi panggul, infeksi muluit rahim. Penyebab dari PROSTAT : Pembesaran Prostat, infeksi, radang prostat kronis. Penyebab dari GINJAL: batu ginjal, infeksi, tumor ginjal. Penyakit sendi :OA, Asam urat.

 

LATIHAN PENGUATAN

Peregangan otot hamstring. duduk, kaki lurus ke depan, badan dibungkukkan untuk berusaha menyentuh ujung kaki, Latihan pergelangan kaki gerakkan pergelangan kaki ke depan dan ke belakang  Latihan menggerakkan tumit, menggeser tumit, Latihan mengangkat punggung,  telentang dengan lutut dan punggung menekuk, kaki bertumpu di lantai, punggung diangkat, Latihan mengangkat kaki menekuk satu lutut, meluruskan kaki yang lain dan mengangkatnya dalam posisi lurus 12-20 cm dan tahan selam 1-5 detik.

 

TERAPI ALTERNATIF

Sebuah penelitian yang didanai oleh pemerintah menunjukkan bahwa pijat dapat membantu meringankan sakit  punggung bawah kronis,  Setelah 10 minggu orang-orang yang dipijat rutin setiap minggunya mengalami sedikit rasa sakit dan lebih mampu untuk melakukan kegiatan sehari-hari, Pijat dapat menurunkan rasa nyeri melalui relaksasi otot dan mengendurkan ketegangan-ketegangan fikiran.

 

Akupuntur, Sebuah penelitian di Jerman tentang manfaat terapi akupunktur kepada pasien nyeri punggung bawah mengungkapkan bahwa dengan adanya terapi akupunktur tersebut dapat mengurangi intensitas nyeri yang diderita pasien (Farmacia, 2006).

 

Tatalaksana Nyeri Punggung Bawah Kronis Terapi nyeri punggung bawah akut ditambah dengan :

  1. Obat Antikonvulsan dan antidepresan
  2. Penyuntikan anti radang di sendi pusat nyeri (Nerve root block)
  3. Operasi sesuai indikasi (menghilangkan penyebab nyeri, memperluas ruang sendi dll)

 

PENCEGAHAN

Tidak ada cara pasti untuk mencegah nyeri pinggang seiring usia, tapi yang dapat dilakukan adalah :

1. Menjaga berat badan

2. Berolah raga teratur

3. Mengangkat barang dengan kekuatan kaki, bukan punggung

4. Pastikan posisi kerja tidak memperberat nyeri

 

Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi Klinik Saraf RSUP Persahabatan

Di Gedung Rawat Jalan Lantai 3