Pencegahan & Penyembuhan Katarak Sebagai Penyebab Kebutaan

 Home / Artikel /Pencegahan & Penyembuhan Katarak Sebagai Penyebab Kebutaan
Pencegahan & Penyembuhan Katarak Sebagai Penyebab Kebutaan

Pencegahan & Penyembuhan Katarak Sebagai Penyebab Kebutaan

Oleh: dr. Lisa Maulida, SpM

RSUP Persahabatan

 

Katarak adalah Kelainan pada lensa dimana lensa menjadi keruh. Seharusnya lensa yang normal berwarna bening dan jernih supaya sinar suatu bayangan benda dapat masuk dan difokuskan ke syaraf mata dan mata kita dapat melihat lebih jelas.

 

Penyebab katarak:Usia, Trauma, Infeksi, Genetic, Glaukoma, Peradangan mata, diabetes mellitus, efek samping obat dll. Faktor lingkungan: : kebiasaan merokok dan pajanan sinar UV. Gejala: penglihatan buram seperti berkabut,silau melihat Double dan pecah.

 

Apakah katarak bisa di obati?

Pemberian obat- obatan belum dapat memberikan hasil yang memuaskan, sejumlah penelitian memberikan hasil yang bervariasi,seperti pemberian anti oksidan berupa vitamin E, vitamin C serta obat tetes yang berisi N- Acetylcarnosine. Sedangkan pengobatan devinitive yang saat ini masih menjadi pilihan satu-satunya adalah dengan operasi katarak. Apakah setiap katarak harus di operasi,jawabanya tidak,operasi  untuk kasus dengan tajam penglihatan yang sudah cukup menganggu dan tidak dapat terkoreksi dengan kaca mata.

 

Apakah tunggu sampai tidak melihat, jangan juga sampai seperti ini, karena katarak akan semakin keras nantinya dan  akan semakin sulit dikeluarkan, katarak yang tidak dikeluarkan nantinya bisa menimbulkan gangguan atau komplikasi lain pada mata seperti peradangan glaucoma dsb.

 

Bila timbul gejala seperti di atas segerahlah periksakan diri anda ke dokter, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan dan menetukan terapi apa yang akan diberikan, jadi belum tentu operasi, Pada stadium masih  awal hanya pemberian kacamata sesuai ukuran, kemuadian yang takkalah penting adalah mengontrol gula darah anda, bila memiliki diabetes melitus atau kencing manis,  dari hasil pemeriksaan, penglihatan sudah  tidak dapat terbantu, kacamata pada batasan tertentu dan sudah merupakan indikasi operasi.

 

Pencegahan supaya katarak tidak makin tebal atau keruh: hindari asap rokok, dan merokok, hindari pajanan sinar matahari langsung ke mata anda, kontrol gula darah anda atau penyakit kencing manis anda, hindari pemakaian obat-obatan secara sembarangan, ( konsultasikan kepada dokter anda terlebihdahulu) karena beberapa obat yang mengandung steroid dapat menimbulkan kekeruhan pada lensa mata. (Produksi Promkes | Publikasi Hukormas)

 

Sumber:

  1. Maulida , Lisa Siaran Radio kesehatan, Kemenkes RI: 2021
  2. https://www.google.com/ animasi+katarak