PENGOBATAN PADA PASIEN GERIATRI

 Home / Artikel /PENGOBATAN PADA PASIEN GERIATRI
PENGOBATAN PADA PASIEN GERIATRI

PENGOBATAN PADA PASIEN GERIATRI

Instalasi Humas & Pemasaran bekerja sama dengan Instalasi Farmasi mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik: “Pengobatan pada pasien geriatri”. Acara ini dilaksanakan di Ruang  tunggu Klinik Jantung dengan narasumber Bunga Wulandari, Apt  hari Kamis, 12 September 2019, Pukul 08.00 s/d 09.00 WIB.

 

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga yang sedang berada di ruang  tunggu Klinik Jantung  dalam kegiatan PKRS ini  narasumber menjelaskan tentang Lansia atau  usia lanjut  adalah seseorang  yang  telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Mengapa pada lanjut usia atau lansia tidak bisa lepas dari obat atau bahkan sering polifarmasi,  karena lansia mengalami penyakit degeneratif. Menurut WHO, penyakit degeneratif adalah penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh yang disebabkan penuaan. Polifarmasi terjadi karena pada lansia sering terjadi komplikasi penyakit.

 

Polifarmasi adalah penggunaan lebih atau sama 5 macam obat secara bersamaan setiap hari. Hal ini disebabkan karena penyakit kronik pada pasien geriatri menyebabkan meningkatnya jumlah peresepan obat yang diberikan kepada pasien.

 

Contoh penyakit Degeneratif Demensia adalah kumpulan gejala (kehilangan memori, perubahan perilaku, penurunan fungsi kognitif) ada pun ada beberapa penyakit  degeneratif. Dan narasumber menjelaskan ada dua jenis pikun yang pertama pikun karena usia, dan pikun karena demensia.

 

Penyebab pikun karena demensia:

  1. Alzheimer, parkinson
  2. Stroke
  3. Trauma otak
  4. Infeksi pada otak
  5. Merokok dan minum alkohol

Jenis penyakit Parkinsons penyakit gangguan syaraf kronis dan progresif yang ditandai dengan gemetar, kekauan, berkurangnya kecepatan gerakan, ekspresi wajah kosong, dan saliva yang berlebihan.

 

Penyakit  tremor di tandai dengan pada saat istirahat, tingkat keparahan relatif stabil, Kekakuan gerakan putar siku dan pergelangan tangan berkurang, ekspresi wajah kaku dan melemahnya gerakan,langkah pendek-pendek, lambaian tangan berkurang. Ketidakseimbangan tubuh tidak setabil sehingga  sering terjatuh.

 

Penyakit Oesteoartritis (OA) adalah penyakit degeneratif yang berkaitan dengan kerusakan kartilago sendi. Faktor penyebab OA adalah penuaan, trauma, akibat kelainan lain, kegemukan, penyakit metabilik, cedera sendi, pekerjaan olah raga, kelainan pertumbuhaan. Biasanya di lakukan tindakan dengan   CT-SCAN, MRI.

 

Ada beberapa faktor pemicu hipertensi biasanya di awali dengan kebiasan merokok, Stress, Obesitas, Kebiasaan mengkonsumsi alkohol berlebihan, Konsumsi garam berlebih dan tidak berolah raga. Dan penyakit  diabetes sering menghingapi lansia dan faktor pencetusnya adalah Konsumsi makanan manis berlebih, Obesitas, Tidak olah raga. Faktor pemicu penyakit jantung  Stres. Hipertensi,kolestrol, rokok.

 

Faktor yang  mempengaruhi kesehatan lansia Pada Biologis sering terjadi perubahan struktur dan fungsi sel, jaringan serta sistem organ Perubahan kondisi fisik  tenaga berkurang, kulit makin keriput, gigi makin rontok, tulang makin rapuh, berkurangnya fungsi indra pendengaran, penglihatan, gerak fisik dan mudah lupa.

 

Perubahan psikologis yang terjadi dapat berhubungan mental dan keadaan fungsional yang efektif. Cara mewujudkan hidup sehat pada usia lanjut, Bagaimana cara agar tidak lupa minum obat Letakkan obat pada tempat yang mudah terlihat, minta bantuan orang terdekat, Pasang alarm minum obat di handphone lalu Buat catatan pribadi, Pakai Sesuaikan dengan rutinitas harian, kotak obat dengan jadwal.

 

Kata BAHAGIA mempunyai kepanjangan yang artinya,  Berat badan di jaga, Atur pola makan Hindari faktor risiko penyakit kronis, Agar tetap bahagia, kembangkan hobi yang bermanfaat, Gerak badan teratur, Iman dan takwa Awasi kesehatan.

 

Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi Klinik Farmasi RSUP Persahabatan

Di Gedung Rawat Jalan Lantai 1