Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging

 Home / Artikel /Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging
Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging

Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging

Oleh: dr. Prasenohadi, PhD, Sp.P(K), KIC

RSUP Persahabatan

 

Penyakit emerging adalah: Penyakit yang muncul dan menyerang suatu populasi untuk pertama kalinya dan secara cepat peningkatan jumlah kasusnya.

 

Penyakit infeksi Re-emerging

Penyakit yang telah ada sebelumnya dan muncul kembali sehingga menyerang suatu populasi namun meningkat dengan sangat cepat, baik dalam jumlah kasus baru di dalam satu populasi ataupun penyebarannya ke daerah geografis yang baru.

 

Bentuk penularan penyakit infeksi Emerging dan Re-emerging

Perjalanan lintas benua termasuk di dalamnya perdagangan dan pariwisata berpotensi menularkan penyakit infeksi. Bahkan, penyebaran penyakit infeksi melalui proses traveling disebut lebih cepat ketimbang masa inkubasinya.

 

Ruang lingkup dari asal muasal kemunculan penyakit infeksi Emerging dan Reemerging Terbagi menjadi tiga yaitu:

  1.  Penyakit Virus Emerging. (Penyakit virus Ebola, Penyakit virus Hanta, Penyakit kaki tangan dan mulut, Penyakit virus Nipah, Penyakit visrus MERS , Demam berdarah Crimean-Congo, Demam Rift Valley, Poliomyelitis dan Penyakit virus baru, COVID-19)
  2. Penyakit Bakteri Emerging: (Botulisme, Bruselosis, Listeriosis, Melioidosis, Pes, Demam semak).
  3. Penyakit Parasitik Emerging: (Toksoplasmosis, Penyakit parasit baru).

 

Faktor dari cepatnya kemunculan penyakit-penyakit infeksi baru ini

  1. Urbanisasi dan penghancuran habitat asli (memungkinkan manusia dan hewan hidup lebih dekat)
  2. Perubahan iklim dan ekosistem: perubahan dalam populasi inang reservoir atau vector serangga perantara  dan mutasi genetic mikroba.

 

Dampak dari penyakit infeksi Emerging dan Reemerging

Dampak kerugian antara lain gangguan kesehatan bagi masyarakat (kematian).

 

Perkembangan penyakit infeksi Emerging dan Reemerging sampai saat ini

Dalam 30 tahun terakhir ini telah muncul lebih dari 30 Penyakit Infeksi Emerging (PIE) yang disebabkan munculnya organisme baru. Riset ilmiah terhadap 335 penyakit baru yang ditemukan antara tahun 1940 dan 2004 mengindikasikan bahwa negara-negara  yang berhubungan dengan Dataran Indo-Gangga dan DAS Mekong menjadi hotspot global kemunculan PIE.

 

Bagaimana cara mendekteksi penyakit infeksi Emerging dan Re-emerging. Harus melalui pemeriksaan laboratorium.

 

Penyakit Infeksi Emerging dan Re-emerging sangat tinggi berpotensi menyebar dan biasanya jika terjadi penyebaran yang luas akan disebut dengan epidemic atau pandemi.

 

- Epidemi: Penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, meningkat secara tiba-tiba di suatu populasi dan geografis tertentu

- Pandemi: Wabah yang berjangkit serempak di berbagai tempat meliputi area geografis yang luas

- Endemi: Penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau suatu golongan masyarakat: biasa ada pada suatu populasi atau area geografis tertentu

- PHEIC/KKMMD merupakan kependekan dari Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)/ Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD), artinya masalah kesehatan masyarakat global yang memerlukan kerjasama internasional sesuai ketetapan dalam IHR 2005 (International Health Regulation / Peraturan Kesehatan Internasional). (Produksi Promkes | Publikasi Hukormas)

 

Sumber gambar: https://www.google.com/penyakit emerging