Perawat Tangguh Indonesia Bebas Covid-19 & Masyarakat Sehat

 Home / Artikel /Perawat Tangguh Indonesia Bebas Covid-19 & Masyarakat Sehat
Perawat Tangguh Indonesia Bebas Covid-19 & Masyarakat Sehat

Perawat Tangguh Indonesia Bebas Covid-19 & Masyarakat Sehat

Oleh: Ns. Puji Raharja Santosa, S.Kep., M.Kep., Sp.KMB

Dari: RSUP Persahabatan

 

Perawat adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan asuhan keperawatan berdasarkan ilmu yang dimilikinya, yang diperoleh melalui proses pendidikan keperawatan. Perawat dapat memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok ataupun komunitas terutama yang memiliki risiko terhadap gangguan kesehatan baik dalam keadaan sehat maupun sakit. Saat ini perawat berperan sebagai garda depan, sebagai salah satu tembok pertahanan terakhir dalam penanganan Covid-19, perawat berjuang secara terus- menerus, tanpa Lelah mengemban tugas- amanah profesi dan negara. Bahkan tidak sedikit perawat demi memenuhi tugas mulia, demi menjunjung tinggi sumpah profesi yang telah terucap, yang telah terpatri dalam sanubari untuk selalu menepati sumpahnya dalam memberikan asuhan keperawatan dalam situasi apapun kepada masyarakat di wilayah NKRI, sesuai kode etik profesi keperawatan, sekalipun harus mempertaruhkan jiwa – raga dan gugur dalam menjalakan tugas mulianya. Ini adalah salah satu bukti kecintaan, ketulusan profesi keperawatan dalam mengemban amanat rakyat agar masyarakat, bangsa dan negara terselamatkan dari pandemi Covid-19.

 

Pengalaman hidup yang berharga inilah (pandemi Covid-19) telah mampu menempa perawat bagaimana berperilaku yang seharusnya untuk dapat survive dan exist, dengan tetap mampu berkarya dan tetap mampu memberikan manfaat bagi dirinya, masyarakat dan profesi keperawatan. Kemampuan survive tentunya tidak terlepas dari berkat rahmat Allah SWT yang telah menjadikan perawat yang kuat, kokoh, handal, pantang menyerah dan tidak mampu dikalahkan oleh kondisi bencana/Kejadian luar biasa (KLB), yaitu kondisi pandemic Covid-19 saat ini. Bercermin dari pandemi Covid-19 ini (1 tahun berlalu), disadari atau tidak, existensi profesi keperawatan ini memang ada, kehadiranya sangat dibutuhkan.

 

Survive dan exist selain dipengaruhi oleh faktor pengalaman selama 1 tahun dalam penanganan pandemi. Covid-19 ini, sangat ditentukan juga oleh :

  1. Komitmen seluruh civitas hospitalia
  2. Support system dari semua elemen masyarakat secara umum
  3. Tata Kelola pelayanan, SDM, sarana – prasarana yang mewadai
  4. Pembekalan pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi SDM
  5. Mengembangkan aspek humoris, optimistic, reinforcement positif, no blame culcure dan coping mechanism yang adekuat
  6. Aspek spiritualitas (kenyakinan) untuk memberikan pertolongan kepada orang lain dan meniatkan diri untuk beribadah kepada Allah SWT

 

Profesi keperawatan diharapkan juga mampu menjalankan perannya sebagai: care provider, community leader, edukator, advocator, researcher sehingga dalam menjalankan peran dan tugasnya ini, perawat diharapkan mampu membawa masyarakat Indonesia menuju sebuah peradaban baru, menjadi perawat tangguh, mampu menghantarkan bangsa Indonesia terbebas dari pandemi Covid-19 dan mampu mewujudkan cita- cita menuju masyarakat Indonesia yang sehat. Sehingga dalam mewujudkan cita – cita luhur tersebut perlu adanya komitmen bersama dan support system dari semua elemen masyarakat karena tanpa ini semua, mustahil semua harapan, cita – cita akan terwujud karena dengan bersama – pasti kita bisa.

 

Oleh karena itu, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada : Seluruh Pimpinan (Jajaran Direksi), Semua Civitas Hospitalia dan Dewan Pengurus Komisariat PPNI di RSUP Persahabatan yang telah memberikan kontribusi yang besar dalam mempersiapkan, memfasilitasi perawat RSUP Persahabatan menjadi perawat.

 

Selanjutnya kami juga menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada PPNI Pusat, jajaran kepengurusan dan seluruh anggotanya yang telah menjadikan organisasi ini menjadi organisasi produktif dengan tetap memperjuangkan eksistensinya untuk menuju professionalism dan tetap memperjuangkan kesejahteraan anggotanya.

 

Dalam rangka memperingati HUT PPNI ke-47, kami mengucapkan Sukses selalu kepada Keluarga Besar PPNI, besar harapan kita, PPNI mampu mewujudkan cita – cita menuju Indonesia sehat”, dengan mengusung tema”, Perawat Tangguh, Indonesia Bebas Covid-19 dan Masyarakat Sehat”.

 

Tetap semangat, tugas mulia selalu menanti, sukses selalu dan salam sehat buat kita semua. (Produksi Promkes | Publikasi Hukormas)