Perawatan Luka Pada Pasien

 Home / Artikel /Perawatan Luka Pada Pasien
Perawatan Luka Pada Pasien

Perawatan Luka Pada Pasien

Instalasi Humas & Pemasaran bekerja sama dengan Intalasi Rawat Inap A  mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik: “Perawatan Luka Pada Pasien”. Acara ini dilaksanakan di Ruang Tunggu Anggrek Tengah, dengan narasumber  Dian Yuniarti, AMK pada hari Kamis, 15 Agustus 2019, Pukul 09.00 s/d 11.00 WIB.

 

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga yang sedang berada di ruang tunggu Anggrek Tengah. Pada kegiatan PKRS ini, narasumber menjelaskan luka adalah gangguan atau kerusakan terhadap keutuhan kulit. Terganggunya kondisi normal kulit, bisa sengaja maupun tidak sengaja.

 

Perawatan luka adalah tindakan merawat luka dengan upaya  untuk mencegah infeksi, membunuh atau menghambat pertumbuhan kuman/bakteri pada kulit dan jaringan tubuh lainnya.

 

Hal-hal yang dapat membantu penyembuhan luka antara lain dengan cara, makan makanan bergizi, mengikuti terapi dokter, minum obat secara teratur. Cuci tangan sebelum dan setelah merawat luka. Berhenti merokok atau minum alkohol serta hindari Stress. Lakukanlah cara merawat luka dengan benar.

 

Makanan yang bergizi yaitu makanan sumber protein dan  vitamin C.  Makanan sumber protein terdiri dari Hewani dan nabati. Makanan sumber protein hewani seperti ikan , ayam, ikan , telur dan lain-lain. Makanan sumber protein nabati seperti  tahu, tempe, kacang-kacangan dan hasil olahannya. Sedangkan makanan sumber vitamin C seperti  Jeruk, jambu biji , tomat.

 

Manfaat Perawatan luka adalah dengan menjaga kebersihan dapat mencegah infeksi, memberikan rasa aman & nyaman untuk pasien. Mempercepat proses penyembuhan luka, mencegah bertambahnya kerusakan jaringan, membersihkan luka dari benda asing/kotoran, memudahkan pengeluaran cairan yang keluar dari luka, mencegah masuknya kuman dan kotoran ke dalam luka serta mencegah perdarahan maupun munculnya jaringan parut sekitar luka.

 

Cara perawatan luka, alat yang digunakan seperti Kassa steril, Plester,  Larutan Nacl/air hangat, kantong tahan air untuk tempat balutan dan alat-alat lain: ekstra balutan, salep dan gunting.

Langkah-langkah perawatan luka:

 

  1. Cuci tangan 6 langkah ( Hand Hygiene)
  2. Lepaskan kassa/balutan dengan cara menyentuh bagian luarnya saja.
  3. Jika kassa/balutan menempel pada luka, basahi dengan larutan Nacl, buka jika sudah longgar
  4. Buang kassa/balutan yang kotor ke dalam kantong
  5. Buka kassa steril tanpa menyentuh bagian dalam, lalu siram/basahi dengan larutan Nacl
  6. Gunakan sarung tangan steril
  7. Bersihkan luka dengan hati-hati, mulai dari bagian terdekat luka sampai terluar luka dengan sekali usapan saja
  8. Tekan pinggir luka untuk mengeluarkan nanah
  9. Buang kassa yang digunakan setiap sekali membersihkan luka
  10. Setelah selesai, keringkan luka dengan kassa kering
  11. Tutup luka dengan kassa/balutan
  12. Eratkan dengan plester
  13. Cuci tangan

Dengan melakukan perawatan luka yang benar, mengikuti terapi dokter serta mengkonsumsi makanan yang bergizi sesuai diet/ anjuran diharapkan akan mempercepat proses penyembuhan luka.