Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

 Home / Artikel /Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat
Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Instalasi Humas & Pemasaran bekerja sama dengan Instalasi Sanitasi & Pertamanan mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik: “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat”. Acara ini dilaksanakan di Klinik Kebidanan RSUP Persahabatan, dengan narasumber Herlina Sophia, BSc pada hari Rabu, 6 Maret 2019, Pukul 10.00 s/d 11.00 WIB.

 

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga yang sedang berada di Ruang Tunggu Klinik Kebidanan. Dalam kegiatan PKRS ini, narasumber menjelaskan semua perilaku sehat yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan – kegiatan kesehatan di masyarakat. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) adalah upaya untuk memberdayakan anggota keluarga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.

 

Mengapa perlu perilaku hidup bersih dan sehat? Rumah tangga sehat merupakan aset atau modal utama pembangunan di masa depan yang perlu dijaga, ditingkatkan dan dilindungi kesehatannya. Beberapa anggota keluarga mempunyai masa rawan terkena gangguan berbagai penyakit. Angka kesakitan dan kematian penyakit infeksi dan non infeksi dapat dicegah dengan PHBS.

 

Tujuan PHBS adalah mencapai rumah tangga sehat, setiap anggota keluarga menjadi sehat, tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas serta anggota keluarga giat bekerja. Meningkatkan pengetahuan, kemauan dan kemampuan anggota rumah tangga untuk melaksanakan PHBS. Berperan aktif dalam gerakan PHBS di masyarakat.

 

Ada beberpa Indikator PHBS antara lain: 1. Menggunakan air bersih  2. Mencuci tangan dengan air dan sabun 3. Menggunakan jamban sehat  4. Memberantas jentik nyamuk  5. Tidak merokok dalam rumah.

 

 Menggunakan Air Bersih sangat penting karena  Air adalah kebutuhan dasar yang dipergunakan sehari-hari untuk minum, memasak, mandi, berkumur, membersihkan lantai, mencuci alat-alat dapur, mencuci pakaian, dan sebagainya, agar kita tidak terkena penyakit atau terhindar dari sakit.

 

Air  yang bersih tidak mengandung pasir, debu, lumpur, sampah, busa dan kotoran lainnya. Air tidak berasa, tidak berasa asin, tidak berasa asam, tidak payau, dan tidak pahit, harus bebas dari bahan kimia beracun. Air tidak berbau seperti bau amis, anyir, busuk atau bau belerang. Syarat-syarat air bersih: Air bersih secara fisik dapat dibedakan melalui indera kita, antara lain (dapat dilihat, dirasa, dicium, dan diraba). Air tidak berwarna harus bening/jernih. Air tidak keruh.

 

Manfaat menggunakan air bersih: Terhindar dari gangguan penyakit seperti diare, kolera, disentri, thypus, kecacingan, penyakit mata, penyakit kulit atau keracunan. Setiap anggota keluarga terpelihara kebersihan dirinya.

 

Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, Air yang tidak bersih banyak mengandung kuman dan bakteri penyebab penyakit. Bila digunakan kuman berpindah ke tangan. Pada saat makan, kuman dengan cepat masuk kedalam tubuh yang dapat menimbulkan penyakit. Sabun dapat membersihkan kotoran dan membunuh kuman, karena tanpa sabun kotoran dan kuman masih tertinggal di tangan.

 

Manfaat mencuci tangan: Membunuh kuman penyakit yang ada ditangan. Mencegah penularan penyakit seperti diare, kolera disentri, typus, cacingan, penyakit kulit, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), flu burung atau severe acute respiratory syndrome (SARS). Tangan menjadi bersih dan bebas dari kuman.

 

Kapan harus mencuci tangan? Setiap kali tangan kotor, setelah buang air besar, setelah menceboki bayi atau anak, sebelum dan sesudah menyuapi anak, sebelum memegang makanan, sebelum menyusui bayi.

 

Menggunakan jamban sehat, Jamban adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa yang dilengkapi dengan unit penumpungan kotoran dan air untuk membersihkan.

 

Manfaat menggunakan jamban, Menjaga lingkungan bersih, sehat dan tidak berbau. Tidak mencemari sumber air yang ada disekitarnya. Tidak mengundang datangnya lalat atau serangga yang dapat menjadi penular penyakit diare, kolerra disentri, typus, cacingan, penyakit saluran pencernaan, penyakit kulit, dan keracunan.

 

Memberantas jentik nyamuk, Rumah bebas jentik adalah rumah tangga yang setelah dilakukan pemeriksaan jentik secara berkala tidak terdapat jentik nyamuk. Dengan cara 3 M : Menguras, Menutup, Mengubur.

 

Tidak merokok di dalam rumah, Setiap anggota keluarga tidak boleh merokok di dalam rumah. Bahaya rokok: Menyebabkan kanker rahim dan keguguran. Menyebabkan kemandulan dan impotensi. Menyebabkan kanker kulit. Menyebabkan penyakit paru-paru kronis. Menyebabkan stroke dan jantung. Gangguan pada mata, seperti katarak.

 

 Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi Instalasi Sanitasi & Pertamanan RSUP Persahabatan