Stress Dan Penanggulangannya

 Home / Artikel /Stress Dan Penanggulangannya
Stress Dan Penanggulangannya

Stress Dan Penanggulangannya

Instalasi Humas & Pemasaran bekerjasama dengan Kelompok Staf Medis Jiwa mengadakan kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik ”Stress & Penanggulangannya” , acara ini dilaksanakan di Klinik Penyakit Dalam dengan narasumber dr. Mardi Susanto, Sp. KJ (K) dan coass FK- UPN Veteran Jakarta pada hari Selasa, 15 Januari 2019, pukul 08.00 s/d 09.00 WIB.

 

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga yang sedang berada di Ruang Tunggu Klinik Penyakit Dalam. Dalam kegiatan PKRS ini, narasumber menjelaskan stress adalah suatu respon penyesuaian seseorang terhadap situasi yang dipersepsinya menantang atau mengancam kesejahteraan orang yang bersangkutan.

 

Sumber stressor bisa dari Lingkungan, seperti cuaca, kebisingan dan kepadatan penduduk.   Sumber Stressor lain yang merupakan faktor lingkungan adalah seperti, tekanan waktu, standard prestasi ancaman dari rasa aman serta penyesuaian diri dengan lingkungan atau orang lain.  Fisiologik  yaitu stressor dari dalam tubuh, seperti perubahan kondisi tubuh; masa remaja, haid, menopause. Reaksi tubuh; reaksi terhadap ancaman atau tekanan. Pikiran yaitu pemaknaan diri dan lingkungan seperti, menginterpretasi pengalaman yang lalu atau mengantisipasi ke masa datang.

 

Penyebab stress, Tekanan/pressure, adalah tuntutan mencapai sasaran atau tujuan tertentu dari sumber internal atau eksternal. Internal ; konsep diri dan komitmen personal.Eksternal ; kompetisi dalam pekerjaan, pendidikan dan mendapatkan pasangan hidup. Frustasi merupakan salah satu penyebab stress yang terjadi karena adanya hambatan dalam mencapai tujuan. Hilangnya kesempatan mendapatkan hasil. Biasanya muncul reaksi marah, penolakan atau depresi. Penyebab stress yang lain adala karena konflik, biasanya terjadi karena adanya dua masalah yang bertentangan.

 

Jenis stress, Eustress (stress positif), menyenangkan dan memuaskan. Meningkatkan kesiagaan mental, kewaspadaan performance individu. Meningkatkan motivasi untuk menciptakan sesuatu. Distress (stress negatif), akan merusak dan tidak menyenangkan. Individu menjadi takut, khawatir, dan gelisah. Keadaan psikologis negatif. Cenderung untuk menghindar.

 

Tanda dan gejala stress seperti, mudah lelah, letih, gangguan nafsu makan, jantung berdebar-debar, sakit perut, mudah marah, ketegangan otot, gangguan pola tidur, gangguan konsentrasi, mudah bingung, panik, badan gemetar dan  keringat dingin serta hilang minat.

 

Tips untuk meringankan stress yaitu dengan cara bermain dengan hewan peliharaan , olahraga, meditasi, mendengarkan musik, istirahat yang cukup dan berdoa.

 

Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi Klinik Jiwa RSUP Persahabatan

Di Instalasi Rawat Jalan Lantai 3