ULTRASONOGRAFI (USG) THORAX

 Home / Artikel /ULTRASONOGRAFI (USG) THORAX
ULTRASONOGRAFI (USG) THORAX

ULTRASONOGRAFI (USG) THORAX

Instalasi Humas & Pemasaran bekerja sama dengan Instalasi Radiologi  mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik: “Ultrasonografi (USG) Thorax”. Acara ini dilaksanakan di ruang tunggu Radiologi  dengan Filipus Fagas Dwi, S,ST.Rad pada hari Kamis, 21 November 2019, Pukul 09.00 s/d 10.00 WIB.

 

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga yang sedang berada di Ruang Tunggu Radiologi. Dalam kegiatan PKRS ini, narasumber menjelaskan apa itu pemeriksaan Ultrasonografi (USG) Thorax adalah teknik menampilkan gambaran atau citra dari kondisi bagian dalam tubuh. Ketika mengambil gambar, alat ini memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi diatas 20.000 hertz. Gelombang-gelombang ini kemudian akan menciptakan gambar yang dapat digunakan oleh tenaga kesehatan untuk mendiagnosis suatu penyakit atau kondisi pasien pada saat itu dengan menggunakan USG.

 

Gelombang suara dikirim melalui suatu alat yang disebut transducer atau probe, Obyek didalam tubuh akan memantulkan kembali gelombang suara yang kemudian akan ditangkap oleh suatu sensor, gelombang pantul tersebut akan direkam, dianalisis dan ditayangkan di layar. Daerah yang tercakup tergantung dari rancangan alatnya.

 

Gelombang ultrasonik akan melalui proses sebagai berikut, pertama gelombang akan diterima transducer kemudian gelombang tersebut diproses sedemikin rupa dalam komputer sehingga bentuk tampilan gambar akan terlihat pada layar monitor.

 

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi penggunaan ultrasonografi (usg) pada pemeriksaan usg thoraks mengalami perkembangan yang sangat bermanfaat dalam menentukan masalah diagnosis baik kondisi akut maupun kronik.

 

Pemeriksaan usg thoraks tekniknya lebih sedikit dibandingkan pemeriksaan usg lainnya, Alat USG thoraks untuk ukurannya ada yang besar, kecil dan sangat kecil dan semuanya mempunyai prinsip kerja yang sama,

 

Indikasi Penggunaan USG Toraks

  1. Membedakan efusi pleura atau penebalan pleura
  2. Mendeteksi efusi pleura dan pemandu untuk punksi terutama efusi yang minimal dan terlokalisir
  3. Membedakan efusi pleura dan kelumpuhan diafragma, dilihat dari gambaran radiologi meragukan
  4. Menentukan pneumotoraks terutama dalam keadaan gawat darurat dan peralatan radiologi tidak tersedia atau masih menunggu lama hasil radiologi
  5. Menilai invasi tumor ke pleura atau dinding dada dan memandu biopsi jarum untuk tumor
  6. Mengevaluasi pasien dengan pleuritis yang sangat nyeri

 

Hasil USG Thorax

Gambaran USG thoraks ditayangkan dalam bentuk hitam dan putih, Peralatan USG kebanyakan sudah disesuaikan dengan organ yang akan diperiksa, sehingga gambaran yang dihasilkan lebih baik. Gambaran optimal pada USG Thoraks  tergantung pada pilihan dan penempatan pemeriksa sesuai posisi pasien.

 

KEUNTUNGAN

  • karena tidak menggunakan radiasi hanya menggunakan gelombang suara,
  • Kecakapan menggunakan alat lebih mudah dan cepat
  • Relatif lebih murah dan mudah dibawa atau di pindahkan

KERUGIAN

  • Tulang rusuk penghalang USG
  • Gambar yang di dapat lebih dangkal
  • Gambar yang terfokus sesuai kemampuan transducer

 

Kesimpulan :

  1. Pemeriksaan USG toraks merupakan tindakan : Diagnosis noninvasif, murah dan mudah dioperasikan.
  2. Pemeriksaan USG toraks lebih aman dibanding pemeriksaan foto toraks, CT scan dan MRI, karena tidak menggunakan radiasi hanya menggunakan gelombang suara,
  3. Meskipun USG toraks tidak mempunyai risiko fisis yang berbahaya tapi masih mungkin menimbulkan hasil negatif palsu atau positif palsu.
  4. Keterampilan dan pengalaman operator menentukan hasil yang lebih baik dan akurat.