Sharing Pengalaman Transplantasi Hati Dari RSUPN Cipto Mangunkusumo

 Home / Berita /Sharing Pengalaman Transplantasi Hati Dari RSUPN Cipto Mangunkusumo
Sharing Pengalaman Transplantasi Hati Dari RSUPN Cipto Mangunkusumo

Sharing Pengalaman Transplantasi Hati Dari RSUPN Cipto Mangunkusumo

Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, mengadakan sharing pengalaman transplantasi hati dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo oleh Prof. DR. Dr. Hanifah Oswari, Sp. A (K), bertempat di Aula Gedung Rasmin Rasjid lt 8, Senin (6/12/2021). Acara di buka oleh Direktur Utama RSUP Persahabatan DR. dr. Agus Dwi Susanto, Sp. P(K), FISR, FAPSR. 

 

Sebagai Rumah Sakit Pusat Rujukan Respirasi Nasional, RSUP Persahabatan menyelenggarakan pelayanan respirasi yang komprehensif. Saat ini RSUP Persahabatan bersiap menyelenggarakan pelayanan transplantasi paru. Transplantasi paru hingga saat ini belum dilakukan di Indonesia namun sudah rutin dikerjakan di berbagai negara di dunia. Transplantasi paru diperlukan oleh pasien-pasien dengan berbagai kasus respirasi dengan harapan hidup yang baik namun tidak dapat lagi ditatalaksana dengan obat- obatan dan tindakan lain selain transplantasi paru.

 

Sebagai langkah awal yang dilakukan adalah perlunya sharing pengalaman dari rumah sakit yang sudah berhasil melakukan tindakan transplantasi kepada manusia. RSUPN Cipto Mangunkusumo dipilih sebagai narasumber untuk sharing pengalaman ini karena sudah berhasil melakukan tindakan transplantasi hati pada manusia, sehingga diharapkan tenaga kesehatan yang masuk dalam tim tranplantasi RSUP Persahabatan dapat mengambil ilmu baik dalam hal persiapan tindakan, pengalaman saat tindakan serta tindak lanjut pasca tindakan transplantasi.

 

Untuk kedepannya apabila pelayanan transplantasi paru dapat terlaksana di RSUP Persahabatan, maka tercapailah sebuah tahapan besar dalam pelayanan respirasi di Indonesia yang diwakili oleh RSUP Persahabatan sebagai rumah sakit pusat rujukan respirasi nasional.  (Hukormas)