BASIC VATS WORKSHOP For Young Surgeons 2020 RSUP Persahabatan

 Home / Berita /BASIC VATS WORKSHOP For Young Surgeons 2020 RSUP Persahabatan
BASIC VATS WORKSHOP For Young Surgeons 2020 RSUP Persahabatan

BASIC VATS WORKSHOP For Young Surgeons 2020 RSUP Persahabatan

Jakarta. Kelompok Staf Medik Bedah Toraks bekerjasama dengan Bagian Diklit RSUP Persahabatan, Program Studi Ilmu Bedah Toraks Kardiak dan Vaskular (BTKV) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bersama Kolegium Bedah Toraks, Kardiak, dan Vaskular Indonesia menyelenggarakan workshop VATS untuk residen senior dan Spesialis BTKV. Kegiatan ini adalah upayauntuk meningkatkan kompetensi para ahli BTKV sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada sehingga dapat memberikan pelayanan yang aman pada pasien. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Februari 2020 bertempat di Auditorium dr. Soepandi Moekajin, Sp.P Gedung Griya Puspa lantai 2 RSUP Persahabatan.

Acara diawali laporan dari dr. Susan Hendriarini Mety,Sp.BTKV(K) selaku ketua pelaksana, Kemudian dilanjutkan sambutan dan pembukaan acara oleh Direktur Umum, SDM dan Pendidikan dr. Rochman Arif, M. Kes.

Pada kesempatan ini dihadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya yaitu keempat staf medis fungsional KSM BTKV RSUP Persahabatan serta tenaga medis profesional lainya yaitu;

  • dr. ArtonoIsharanto, Sp.BTKV, RSUD Saiful Anwar Malang
  • dr. David Hutagaol, Sp.BTKV, RSCM
  • dr. DhihintiaJiwangga, Sp.BTKVRSUD Soetomo Surabaya
  • dr. Ranjan Kumar, Sp.An RSUP Persahaabatan

Teknik Video Assisted Thoracoscopic Surgery (VATS) saat ini merupakan teknik operasi yang digunakan secara luas di seluruh dunia untuk menangani kasus-kasus bedah toraks baik untuk tujuan diagnostik maupun terapeutik. Di Indonesia, peralatan endoskopi dan bahan habis pakai yang diperlukan untuk VATS telah tersedia di berbagai rumah sakit.

Adapun manfaat bagi 30 peserta (chief residen BTKV FKUI dan FK UNAIR serta lulusan baru spesialis BTKV) yaitu setelah workshop ini diharapkan lebih percaya diri untuk melakukan tindakan VATS yang sederhana secara kompeten dan profesional.Sedangkan manfaat bagi pengajar prodi BTKV FKUI maupun FK Unair adalah memudahkan dalam mengajarkan penggunaan peralatan, bahan habis pakai, dan teknik dasar VATS. (Ifa)