DOKTER JAGA IGD UPDATE KEILMUAN ACUTE CORONARY SYNDROME

 Home / Berita /DOKTER JAGA IGD UPDATE KEILMUAN ACUTE CORONARY SYNDROME
DOKTER JAGA IGD UPDATE KEILMUAN ACUTE CORONARY SYNDROME

DOKTER JAGA IGD UPDATE KEILMUAN ACUTE CORONARY SYNDROME

Jakarta. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (Kardiologi) masih menjadi salah satu penyebab kematian nomor satu didunia, termasuk Indonesia. Manifestasi gangguan jantung sering dalam bentuk kondisi gawat darurat yang dapat menyebabkan kematian dalam hitungan menit bila tidak segera dilakukan penatalaksanaan secara tepat dan cepat.

 

Perkembangan informasi meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan, sehingga tuntutan terhadap pelayanan kesehatan ikut meningkat. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan RSUP Persahabatan maka Instalasi Pendidikan dan Pelatihan bekerjasama dengan Kelompok Staf Medik (KSM) Jantung dan Pembuluh Darah mengadakan pelatihan “Acute Coronary Syndrome” pada hari Rabu tanggal 19 Juni 2019, bertempat di Gedung Pusat Simulasi Respirasi.

 

Diawali sambutan dari Ketua KSM Jantung dan Pembuluh Darah dr. Yasmina Hanifah, Sp.JP, FIHA “Penyelenggaraan pelayanan kesehatan kardiovaskular di RSUP Persahabatan tidak hanya dilakukan oleh dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah saja, tetapi melibatkan seluruh komponen pelayanan yang ada di RSUP Persahabatan, salah satunya adalah peran dokter yang bertugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan dokter jaga di ruang rawat”.

 

Dilanjutkan arahan  Direktur Medik dan Keperawatan DR. dr. H. M. Alsen Arlan, Sp.B-KBD, MARS, dalam sambutannya menyampaikan “Kegagalan dalam menyelamatkan nyawa pasien merupakan salah satu indikator Patient Safety yang tentu saja akan memberikan kontribusi negative terhadap kinerja suatu rumah sakit. Saat ini ilmu dan teknologi penanganan penyakit kardiovaskular maju sangat pesat, berbagai metode terapi canggih terus dikembangkan, tentunya menjadi peningkatan sumber daya manusia. Pelatihan ini menjadi kesempatan bagi tenaga medis agar dapat meningkatkan profesionalisme dalam menangani kegawat daruratan kardiovaskular”.

 

Pada pelatihan ini disajikan materi yang disampaikan oleh narasumber berkompeten pada bidang kardiovaskular, antara lain :

  1. EKG Basic dan Acute Coronary Syndrome oleh Dr. Iwang Gumiwang, SP.JP, M.Epid
  2. Gejala dan tanda-tanda pasien ACS oleh Dr. Pandu Nurcahyo Murti, Sp.JP, FIHA
  3. Tatalaksana pasien STEMI dan Resusitasi Jantung Paru oleh Dr. M. A. Bassalamah, Sp.JP, FIHA
  4. Tatalaksana Syok Kardiogenik oleh Dr. Yasmina Hanifah, Sp.JP, FIHA
  5. Tatalaksana Edema Paru oleh Dr. Nana Maya Suryana Sp.JP, FIHA

Sebanyak 40 tenaga medis yang terdiri dari dokter umum dan dokter jaga IGD RSUP Persahabatan mengikuti pelatihan. (CH)