Edukasi Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Catheter Associated Urinary Tract Infection Perawat

 Home / Berita /Edukasi Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Catheter Associated Urinary Tract Infection Perawat
Edukasi Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Catheter Associated Urinary Tract Infection Perawat

Edukasi Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Catheter Associated Urinary Tract Infection Perawat

Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan telah menyelengarakan Edukasi Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Catheter Associated Urinary Tract Infection Perawat RSUP Persahabatan,(22/6/2021). Acara dibuka oleh Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan & Penelitian dr. Rochman Arif, M. Kes. secara virtual melalui zoom.

 

HAIs (Healthcare Associated Infections) merupakan merupakan suatu infeksi yang dialami oleh pasien selama dirawat di pelayanan kesehatan dan menunjukkan gejala infeksi baru dan bukan dalam masa inkubasi termasuk penyakit yang diderita karena pekerjaan. Kejadian HAIs banyak dihubungkan dengan pemasangan alat, seperti CAUTI (Catheter Associated Urinary Tract Infection), VAP (Ventilator Associated Pneumonia), CRBSI (Catheter (IV, Central) Related Blood Stream Infection) dan IDO (Infeksi Daerah Operasi) karena tindakan insisi serta plebitis.

 

Catheter Associated Urinary Tract Infection (CAUTI) merupakan infeksi saluran kemih yang didapat di rumah sakit karena pemasangan kateter, dimana angka di dunia paling banyak mencapai 30-40%. Kateter indwelling/menetap merupakan komponen yang penting pada praktek perawatan pasien. Penggunaan kateter indwelling meningkatkan resiko terjadinya CAUTI. Upaya pencegahan dan pengendalian dapat dimulai dengan prosedur pemasangan yang aseptik, perawatan yang komprehensif selama pemasangan alat, serta pemantuan kemungkinan infeksi dengan melakukan identifikasi risiko melalui bundle prevention.

 

Dalam melaksanakan kegiatan surveilans mengacu pada standar prosedur, panduan, dan alur pelaporan yang melibatkan semua perawat, kepala ruangan, IPCLN, IPCO, dan dokter yang merawat. Pelaporan yang berkualitas akan meningkatkan validitas dan reliabilitas data yang dikumpulkan sehingga hasil pelaporan akurat. Hal tersebut akan meningkatkan ketepatan dalam strategi perbaikan dan intervensi yang akan dilakukan, sehingga mampu meningkatkan keselamatan pasien selama dirawat di RSUP Persahabatan dengan menurunkan angka kejadian HAIs.

 

Tujuan edukasi ini adalah Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bagi seluruh perawat RSUP Persahabatan tentang pencegahan dan pengendalian infeksi pada pasien dengan kateter urine menetap. Hukormas