ELECTRONIC MEDICAL RECORD MUDAHKAN PELAYANAN DALAM PENCATATAN MEDIS

 Home / Berita /ELECTRONIC MEDICAL RECORD MUDAHKAN PELAYANAN DALAM PENCATATAN MEDIS
ELECTRONIC MEDICAL RECORD MUDAHKAN PELAYANAN DALAM PENCATATAN MEDIS

ELECTRONIC MEDICAL RECORD MUDAHKAN PELAYANAN DALAM PENCATATAN MEDIS

 

Jakarta. Di era digital saat ini beberapa rumah sakit telah  memanfaatkan system Electronic Medical Record (EMR) untuk memudahkan pelayanan dalam hal pencatatan medis pasien. Sistem EMR atau catatan medis elektronik merupakan kumpulan sistematis informasi kesehatan berbasis elekrotronik yang terhubung dan terintegrasi dengan system informasi dalam jejaring rumah sakit.

 

Dalam rangka pengembangan EMR di RSUP Persahabatan maka diadakan bimbingan guna mengkaji lebih dalam rumusan untuk menyusun tahapan EMR yang diadakan pada hari Selasa tanggal 09 Juli 2019, bertempat di Auditorium dr. Soepandi Moekajin gedung Griya Puspa lantai 2.

 

Bimbingan oleh Ghandi Agusniadi, BBA, SE Kepala Unit Rekam Medis  dan dr. Agus Mutamakin, MSc Kepala Unit Manajemen Sistem Informasi RSUPN Cipto Mangunkusumo diberikan kepada 74 peserta yang berasal dari Tim EMR, Tim Case Mix dan Tim Rekam Medis RSUP Persahabatan.

 

Pembukaan oleh Direktur Utama RSUP Persahabatan dr. Mohammad Ali Toha, MARS, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “EMR adalah suatu keniscayaan terutama di era digital sekarang ini, dimana semua pekerjaan tangan dialihkan dalam bentuk elektronik agar lebih aman, akurat dan terjaga. Kewajiban kita semua sudah waktunya melaksanakan EMR di rumah sakit ini”

 

Persiapan EMR tidak bisa dilaksanakan dalam waktu singkat, diperlukan tahapan-tahapan bagaimana menyederhanakan medical record, menyusun konsep sampai dengan implementasi dan evaluasi untuk mendapatkan model EMR yang sesuai dengan RSUP Persahabatan. Dengan konsep menyimpan data lebih aman dengan tempat yang lebih sederhana sehingga tidak terjadi tumpukan-tumpukan, mudah dicari dan dimanfaatkan, dan ketika sudah berjalan setiap orang dapat merasakan banyak manfaat dari EMR.  (CH)