FOLLOW UP SURVEY ANTAR RSUP PERSAHABATAN RAIH AKREDITASI STANDAR INTERNASIONAL

 Home / Berita /FOLLOW UP SURVEY ANTAR RSUP PERSAHABATAN RAIH AKREDITASI STANDAR INTERNASIONAL
FOLLOW UP SURVEY ANTAR RSUP PERSAHABATAN RAIH AKREDITASI STANDAR INTERNASIONAL

FOLLOW UP SURVEY ANTAR RSUP PERSAHABATAN RAIH AKREDITASI STANDAR INTERNASIONAL

 

Jakarta. Follow Up Survey Joint Commission International (JCI) yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 28 – 29 Maret 2019 mengantarkan RSUP Persahabatan meraih akreditasi dengan standar pelayanan berkelas dunia.

 

Sertifikat diterima RSUP Persahabatan pada tanggal 30 April 2019 dengan kriteria kelulusan Has Been Accredited by JCI efektif tanggal 30 Maret 2019 sampai dengan 29 Maret 2022.

 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari initial survey JCI yang telah dilakukan sebelumnya pada tanggal 24 – 28 September 2018 lalu. Standar akreditasi internasional dari JCI merupakan standar yang dibuat agar pelayanan kesehatan rumah sakit berfokus kepada pasien dan diterapkan sesuai dengan budaya setempat untuk peningkatan mutu pelayanan secara berkesinambungan dan standard ini sebagai suatu tingkat kualitas pelayanan kesehatan pasien yang diharapkan.

 

Saat exit conference di hari kedua Frank Dawood, MBBS, MPH salah seorang surveyor menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, para  jajaran kepemimpinan, para staff  RSUP Persahabatan karena sudah memberikan contoh yang baik terkait mutu dan pelayanan atas seluruh kerja keras yang telah dilakukan untuk persiapan survey ini. (CH)

 

 

 

“Sampaikan terima kasih kami kepada staf yang bekerja pada malam hari karena dengan mereka  rumah sakit ini dapat menjadi rumah sakit yang hebat. Kerja keras anda telah membuahkan hasil, kami sangat menghargai dan terkesan dengan segala perbaikan yang telah dilakukan. Suatu kehormatan dan kesenangan tersendiri bagi kami untuk hadir disini selama dua hari terakhir melihat bagaimana anda sedang bekerja keras untuk menciptakan lingkungan rumah sakit yang jauh lebih aman untuk pasien”, imbuh Frank.

 

Dilanjutkan oleh Direktur Utama RSUP Persahabatan dr. Mohammad Ali Toha, MARS, dalam sambutannya menyampaikan “Akreditasi JCI merupakan perjuangan yang luar biasa, bagaimana kita mengubah kebiasan-kebiasaan yang sudah kita anggap baik dan ketika memperhatikan standar pelayanan yang seharusnya ternyata standar pelayanan yang kita miliki masih jauh.  Begitu banyak orang datang ke rumah sakit ini menyerahkan nyawanya kepada kita, kemudian kita memberikan pelayanan dibawah standar dan menyebabkan kegagalan dalam pengobatan hingga timbul kematian yang sebetulnya tidak harus terjadi maka tentu kita salah dalam hal ini. Banyak orang tidak mampu datang ke rumah sakit ini hanya dapat meminta pertolongan kepada kita. Beda halnya dengan orang yang mampu ketika melihat pelayanan yang tidak tepat mereka dapat mencari pelayanan ke tempat lain”.

 

“Bersama kita bekerja keras, saling bahu membahu memperbaiki pelayanan di rumah sakit ini. Saya sering menyampaikan bahwa apa yang kita lakukan dalam memperbaiki pelayanan pasien karena concern untuk memberikan pertolongan terbaik kepada pasien. Alhamdulillah saya melihat semangat dari teman-teman untuk memperbaiki semuanya, dan kesadaran bersama untuk menjadi yang terbaik” tutur Pak Ali penuh haru.

 

“Mudah-mudahan ini menjadi amanah untuk kita semua. Lulus JCI merupakan komitmen untuk memberikan pelayanan berkualitas internasional, oleh karena itu kita masih perlu perbaikan-perbaikan, belajar secara terus menerus agar nanti dapat memberikan pelayanan mendekati sempurna. Terima kasih saya ucapkan kepada semua teman-teman yang luar biasa, jajaran direksi, serta dewan pengawas yang selalu mendukung langkah rumah sakit dalam upaya perbaikan mutu pelayanan dan keselamatan pasien” Tutup Pak Ali dengan rasa bangga.