KAMPANYE PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR, BLOGGER KUNJUNGI RSUP PERSAHABATAN

 Home / Berita /KAMPANYE PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR, BLOGGER KUNJUNGI RSUP PERSAHABATAN
KAMPANYE PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR, BLOGGER KUNJUNGI RSUP PERSAHABATAN

KAMPANYE PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR, BLOGGER KUNJUNGI RSUP PERSAHABATAN

 

Jakarta. Indonesia saat ini menghadapai beban ganda penyakit, yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular (PTM). Keprihatinan terhadap peningkatan prevelansi PTM telah mendorong lahirnya kesepakatan tentang strategi global dalam pencegahan dan pengendalian PTM, khususnya dinegara berkembang.

 

Upaya menjalankan komitmen bersama dalam menurunkan morbiditas, mortalitas dan disabilitas PTM maka Kementerian Kesehatan RI mengadakan Workshop Blogger tentang “Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Termasuk Faktor Risikonya” selama dua hari pada tanggal 18 – 19 Juni 2019.

 

Selain pemaparan materi, mitra kerja Kementerian Kesehatan RI yang terdiri dari  para Blogger, Vlogger dan Influencer di media sosial melakukan kunjungan lapangan ke 5 rumah sakit vertikal  yaitu RSUPN Cipto Mangunkusumo, RSUP Persahabatan, RS Pusat Otak Nasional, RS Kanker Dharmais dan RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita.

 

Sebanyak 11 orang blogger mengunjungi RSUP Persahabatan pada hari Rabu tanggal 19 Juni 2019 . Rombongan disambut oleh Direktur Utama RSUP Persahabatan dr. Mohammad Ali Toha, MARS, Direktur Medik dan Keperawatan DR. dr. H. M. Alsen Arlan, Sp.B-KBD, MARS dan Direktur Umum, SDM dan Pendidikan drg. Setiawaty, M.Kes.

 

Kepada para blogger Pak Ali Toha menyampaikan capaian-capaian yang telah diraih RSUP Persahabatan bahwasanya “Keberhasilan RSUP Persahabatan dalam meraih akreditasi Internasional tentunya dengan standar pelayanan yang berkualitas tinggi dan canggih, semata dipersembahkan kepada masyarakat luas dimana sebagian besar pasien yang berobat dari golongan menengah kebawah dan tidak memiliki pilihan untuk berobat ke rumah sakit swasta atau lainnya”.

 

“Kegiatan ini sangat penting, dengan adanya kunjungan blogger ataupun media karena mempunyai kekuatan besar dalam menyampaikan informasi bukan sekedar  beriklan melainkan agar masyarakat luas mendapat sosialisasi dengan pesan yang baik dan lebih menarik yang disampaikan oleh para blogger” Tambah Pak Ali Toha.

 

Penyakit Tidak Menular terbanyak di Indonesia salah satunya terkait saluran nafas, untuk itu dalam kunjungan ini disampaikan materi tentang Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Paru oleh dr. Feni Fitriani Sp.P(K).

 

Diakhir kegiatan para blogger juga berkesempatan wawancara langsung dengan pasien yang terdampak bahaya rokok. (CH)