KERJASAMA PENGEMBANGAN PUSAT KANKER TERPADU

 Home / Berita /KERJASAMA PENGEMBANGAN PUSAT KANKER TERPADU
KERJASAMA PENGEMBANGAN PUSAT KANKER TERPADU

KERJASAMA PENGEMBANGAN PUSAT KANKER TERPADU

KERJASAMA PENGEMBANGAN PUSAT KANKER TERPADU

 

Salatiga. Kanker Paru memerlukan penanganan dan tindakan yang cepat dan terarah. Penemuan kanker paru pada stadium dini akan sangat membantu penderita, dan penemuan diagnosis dalam waktu yang lebih cepat memungkinkan penderita memperoleh kualitas hidup yang lebih baik dalam perjalanan penyakitnya.

 

Memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh tiap tanggal 04 Februari, “Seminar Nasional Update of Lung Cancer” yang berisi sosialisasi mengenai diagnosis, penatalaksanaan serta layanan penunjang kanker paru diselenggarakan oleh RS Paru dr. Ario Wirawan pada hari Sabtu, tanggal 24 Februari 2018 di Hotel Grand Wahid Salatiga, Jawa Tengah.  

 

Dibuka oleh Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan sekaligus Ketua Asosiasi Rumah Sakit dan Balai Paru Indonesia dr. Mohammad Ali Toha, MARS. Pada saat pembukaan seminar dilakukan juga penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara RSUP Persahabatan dan Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga (RSPAW).

 

Penandatangan MOU dilakukan oleh dr. Mohammad Ali Toha, MARS selaku Direktur Utama RSUP Persahabatan dan dr. Suryo Purhananto, M.Kes selaku Direktur Utama RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga, bertujuan menjalin kerjasama antara RSUP Persahabatan dan RSPAW, untuk meningkatkan pengembangan pusat layanan kanker paru di RSPAW, menyediakan wahana pembelajaran pendukung dalam bidang pengembangan layanan, SDM, Pendidikan, pelatihan dan penelitian  di bidang kanker paru.

 

Diikuti oleh 200 peserta dari dalam dan luar Jawa Tengah. Seminar yang diselenggarakan oleh RSPAW dan ARSABAPI serta berkerjasama dengan Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) cabang Jawa Tengah, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Jawa Tengah serta Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) komisariat RSPAW Salatiga ini menghadirkan narasumber pakar / praktisi dari bidang paru, yaitu :

  1. dr. Bambang Wibowo, Sp.OG (K), MARS (Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes) menyampaikan tentang kebijakan Kementerian Kesehatan untuk  pengembangan layanan unggulan RS Paru.
  2. dr. Djoko Widyarto JS, DHM, MHKes (Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah) dengan materi Etika Medikolegal.
  3. Dr. dr. Achmad Hudoyo, Sp.P(K) (RSUP Persahabatan Jakarta) dengan materi Etiologi, Skrinning & Pencegahan Kanker Paru.
  4. dr. Sofyan Budi Raharjo, Sp.P, FISR (Ketua PDPI Jawa Tengah) dengan materi Modalitas dan Tantangan dalam Diagnosa Kanker Paru.
  5. dr. Elisna Syahruddin, PhD, Sp.P (K) (RSUP Persahabatan Jakarta) dengan materi Modalitas Terapi pada Kanker Stadium Lanjut.
  6. dr. Ana Rima Setijadi, Sp.P(K) (RSUD Moewardi Surakarta) dengan materi  Misdiagnosis Kanker Paru dengan TB Paru.
  7. dr. Hasto Nugroho, Sp.P, FISR (RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga) dengan materi Pengalaman klinik dalam terapi kanker Paru
  8. dr. Elia Aditya B.K, Sp.Onk.Rad (RS Ken Saras Kab. Semarang Jawa Tengah) dengan materi Penatalaksanaan Radioterapi Kanker Paru.
  9. dr. Lilik Lestari, Sp.Rad (K) TR (RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga) dengan materi Peran guiding USG 4 Dimensi pada Biopsi Kanker Paru.
  10. Triyono, SsiT (RSUD Moewardi Surakarta) dengan materi Penatalaksanaan Keperawatan Kemoterapi pada Kanker Paru.