KONFERENSI PERS HTTS 2018 RSUP PERSAHABATAN DAN PERHIMPUNAN DOKTER PARU INDONESIA

 Home / Berita /KONFERENSI PERS HTTS 2018 RSUP PERSAHABATAN DAN PERHIMPUNAN DOKTER PARU INDONESIA
KONFERENSI PERS HTTS 2018 RSUP PERSAHABATAN DAN PERHIMPUNAN DOKTER PARU INDONESIA

KONFERENSI PERS HTTS 2018 RSUP PERSAHABATAN DAN PERHIMPUNAN DOKTER PARU INDONESIA

KONFERENSI PERS  HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA 2018

RSUP PERSAHABATAN DAN PERHIMPUNAN DOKTER PARU INDONESIA

 

Merokok merupakan salah satu masalah kesehatan karena tingkat penggunaan yang masih cukup tinggi di Indonesia. Sejak tahun 1980 hingga saat ini, sebagian besar negara di Asia Tenggara tidak mengalami penurunan prevalensi merokok. Indonesia menjadi negara ketiga dengan jumlah perokok terbesar di dunia setelah Cina dan India dengan jumlah perokok mencapai 50 juta penduduk per harinya. Data dari Riset Kesehatan Nasional (Riskesdas) tahun 2013 menyatakan bahwa terdapat peningkatan persentase perokok aktif di Indonesia usia > 15 tahun dari 34,4% pada tahun 1995 menjadi 36,3% pada tahun 2013.

 

Saat ini, kebiasaan merokok tidak hanya menjadi masalah pada orang dewasa namun juga semakin marak di kalangan anak remaja. World Health Organisation (WHO) melalui data dari Indonesia Global School-based Student Health Survey (GSHS) dan Global Youth Tobacco Survey (GYTS) tahun 2016 menyatakan anak remaja yang merokok di Indonesia mencapai angka 13% dari total populasi dan 2% di antaranya adalah anak perempuan. Dari data GSHS dan GYTS ini juga didapatkan 9 dari 10 pelajar di Indonesia mulai mencoba untuk merokok dari usia di bawah 14 tahun. 

 

Merokok diketahui sebagai salah satu penyebab paling sering masalah kesehatan yang ada saat ini terutama penyakit yang berhubungan dengan paru, jantung, metabolik dan organ lainnya. Data dari Departemen Kesehatan Indonesia tahun 2010 menyatakan bahwa kematian akibat penyakit terkait tembakau sebanyak 12,7% dari total kematian. Papar Ketua Tim Klinik Berhenti Merokok RSUP Persahabatan dr. Feni Fitriani Taufik, SP.P(K)  tentang Penyakit Terkait Merokok dalam konferensi pers yang digelar pada hari Rabu tanggal 30 Mei 2018, bertempat di Gedung Griya Puspa lantai 2 ruang rapat Tumbuh Kembang RSUP Persahabatan. (CH)