Operasi Jantung Terbuka di RSUP Persahabatan

 Home / Berita /Operasi Jantung Terbuka di RSUP Persahabatan
Operasi Jantung Terbuka di RSUP Persahabatan

Operasi Jantung Terbuka di RSUP Persahabatan

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit terbanyak di negara kita dan salah satu pendekatan terapinya adalah dengan operasi jantung terbuka (bypass), dalam istilah medis disebut Coronary Artery Bypass Grafting/CABG. Tidak semua Rumah sakit mampu memberikan pelayanan operasi jantung terbuka karena memerlukan peralatan yang serba khusus dan sumber daya manusia yang lengkap dengan keterampilan khusus juga. Tim bedah jantung ini terdiri dari dokter anestesi Konsultan Kardio Vaskuler, dokter bedah jantung, ahli perfusionis sebagai operator mesincardiopulmonary bypass, dokter spesialis jantung dan perawat dengan keterampilan khusus.

Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan berhasil melaksanakan operasi jantung pada Rabu (20/12/2017)  dengan didampingi oleh tim dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta. Operasi yang berjalan sekitar 5 jam ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Dr Susan SpBTKV(K) mengatakan,”Ini merupakan operasi jantung yang pertama di RSUP Persahabatan, kami mengembangkan pelayanan ini dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat akan pelayanan ini sangat tinggi. Kasus penyakit jantung yang membutuhkan tindakan jenis ini sangat besar di negara kita”.

Saat ini RSUP Persahabatan memiliki 4 dokter bedah jantung, dokter anestesi khusus, dokter perfusionisterlatih, perawat terlatih. Dimasa mendatang kerjasama dengan Rumah Sakit Jantung Harapan Kitaterus dilanjutkan sampai kami bisa mandiri total.

RSUP Persahabatan sebagai Rumah Sakit Pusat Rujukan Respirasi Nasional siap memberikan pelayanan bagi pasien-pasien dengan masalah kardio respirasi artinya pasien jantungyang memiliki masalah paru dan sebaliknya pasien paru yang memiliki masalah jantung. Semua ini merupakan tantangan bagi kami dan tanggung jawab kami. Operasi ini terlaksana berkat dukungan Direksi yang kuat, karena operasi jantung memerlukan upaya yang lebih besar dibandingkan dengan tindakan lainnya.

Operasi bypass sendiri adalah operasi untuk memperbaiki aliran darah di pembuluh darah koroner yang memberi nutrisi jantung, arteri koroner itu ada di permukaan jantung, apabila tersumbat oleh pengapuran atau timbunan lemak maka yang kita lakukan adalah membuat jalur pintas, maka dari itu disebut bypass dengan pembuluh darah yang diambil dari tungkai bawah, lintasan yang dibuat dari pangkal aorta (pembuluh terbesar yang keluar dari jantung) ke arteri koroner yang tersumbat, seperti membuat jalan layang atau pintas untuk menambah aliran darah di jantung.

Penyembuhan pasien pasca operasi bypass bila tidak ada faktor penyulit tertentu pada umumnya sekitar 1 minggu. Pasien pulang dengan tetap menjalani rehabilitasi medis untuk mengembalikan ke kemampuan awal atau kita bahkan bisa lebih baik lagi. Pasien secara rutin kontrol ke dokter jantung maupun ke dokter bedah jantungnya.

Pengembangan layanan bedah jantung di RSUP Persahabatan bukan hanya CABG (bypass), kami juga mampu melayani operasi penggantian katup jantung, dan tentu penanganan kasus pembedahan aorta dengan teknik minimal invasive (EVAR/TEVAR).

 

Narasumber: dr Susan Hendriarini Mety, Sp. BTKV (K)

Bekerjasama dengan Instalasi Pelayanan Humas & PKRS