Operasi Tumor Tulang Dengan Tindakan Cryosurgery Pertama Kali Di RSUP Persahabatan

 Home / Berita /Operasi Tumor Tulang Dengan Tindakan Cryosurgery Pertama Kali Di RSUP Persahabatan
Operasi Tumor Tulang Dengan Tindakan Cryosurgery Pertama Kali Di RSUP Persahabatan

Operasi Tumor Tulang Dengan Tindakan Cryosurgery Pertama Kali Di RSUP Persahabatan

Cryosurgery atau cryotherapy, adalah sebuah teknik medis yang menggunakan nitrogen cair bersuhu dingin untuk menghancurkan sel tumor atau yang berpotensi kanker. Selain nitrogen cair, cryosurgery juga umumnya menggunakan karbon dioksida dan argon. Ketika nitrogen cair berada di suhu -210 hingga -195 derajat Celsius, ia akan membekukan apapun yang bersentuhan dengannya. Dalam konteks prosedur cryosurgery, nitrogen cair akan membunuh dan menghancurkan sel tumor atau kanker.

 

Operasi tumor tulang dengan tindakan Cryosurgery ini, pertama kali dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Selasa (25/5/2021). Operasi ini merupakan kolaborasi tim medis dan perawat yang dipimpin oleh dr. Sigit Daru Cahyadi, Sp. OT (K).

 

Berawal dari pasien anak yang mengeluh nyeri pada lutut kanannya setelah terjatuh saat bersepeda. Lutut kanannya membentur aspal jalan. Nyeri dirasakan seperti ditusuk-tusuk dan hilang timbul. Pasien kemudian berobat ke RSUP Persahabatan ke Poli Anak dengan dr Ezy Barnita, Sp.A. Pasien menjalani beberapa pemeriksaan seperti X-RAY lutut dan dinyatakan tumor tulang. Kemudian pasien dirujuk ke Dokter Spesialis Bedah Orthopedi dengan dr Sigit Daru Cahyadi, Sp.OT (K) dan disarankan untuk dilakukan pemeriksaaan MRI lutut dan core biopsy untuk tatalaksana lebih lanjut. Sebelumnya pasien sudah mendapatkan kemoterapi.

 

Sebuah prestasi dalam dunia kedokteran operasi tumor tulang dengan tindakan Cryosurgery pertama pada anak usia 5 tahun di RSUP Persahabatan. Operasi yang berlangsung dari pukul 09.00-23.00 berjalan lancar berkat doa dan dukungan dari semua pihak.

 

Selamat kepada dr. Sigit Daru Cahyadi, Sp.OT (K) dan seluruh Tim Medis. Kita doa kan bersama agar anak yang telah menjalani operasi ini selalu sehat dan mendapatkan hasil terbaik dari kerja keras Tim Medis ini. Hukormas