PELATIHAN PELAYANAN INSTALASI STERILISASI SENTRAL

 Home / Berita /PELATIHAN PELAYANAN INSTALASI STERILISASI SENTRAL
PELATIHAN PELAYANAN INSTALASI STERILISASI SENTRAL

PELATIHAN PELAYANAN INSTALASI STERILISASI SENTRAL

PELATIHAN PELAYANAN INSTALASI STERILISASI SENTRAL

Instalasi Sterilisasi Sentral (ISS) merupakan salah satu  unit penunjang Pelayanan di Rumah Sakit Persahabatan yang mengelola bahan dan alat steril sesuai standar internasional dalam mendukung keselamatan pasien. Instalasi Sterilisasi Sentral atau CSSD merupakan salah satu mata rantai yang penting dalam pencegahan dan pengendalian infeksi serta menekan kejadian infeksi di Rumah Sakit melalui pengelolaan bahan dan alat steril yang digunakan untuk pelayanan tindakan atau perawatan kepada pasien di rumah sakit.

Secara ideal, ISS adalah Instalasi dengan fasilitas untuk menerima,mendesinfeksi, membersihkan, mengemas, men-steril, menyimpan dan mendistribusikan alat-alat (baik yang dapat dipakai berulang kali dan alat sekali pakai), sesuai dengan standar prosedur.

Di awali sambutan oleh Ibu Nona Herolin, S.Kep,Ners selaku Kepala Instalasi Sterilisasi Sentral (ISS),tujuan umum dari pelatihan ini adalah Terciptanya pelayanan sentral sterilisasi yang berkualitas dalam upaya meningkatkan HAI (Health Care Associated Infection) atau Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit Persahabatan.

Tujuan Khusus, setelah mengikuti pelatihan diharapkan peserta, mampu :

  1. Memahami  peran PPI di Instalasi Sterilisasi Sentral
  2. Memahami peran, fungsi dan tanggung jawab dalam pelayanan sterilisasi.
  3. Mampu  dan trampil dalam kegiatan ISS baik dalam dokumentasi, pemeliharaan alat, inventory produk steril di unit kerja.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung dari tanggal 01 Agustus 2019 bertempat di Gedung PSR (Pusat Simulasi Respirasi) RSUP Persahabatan.

Pelatihan ini di hadiri oleh 40 orang peserta,termasuk petugas ISS sebagai pengelola bahan dan alat steril dan Perawat Penanggung jawab  di unit pengguna jasa sterilisasi.