PELATIHAN PENGGUNAAN APAR

 Home / Berita /PELATIHAN PENGGUNAAN APAR
PELATIHAN PENGGUNAAN APAR

PELATIHAN PENGGUNAAN APAR

Kamis tanggal 22 Agustus 2019 pukul 08.00 WIB telah diadakan pelatihan penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di RSUP Persahabatan.

 

Pelatihan ini dibuka oleh Direktur Medik dan keperawatan  DR. dr. H. M. Alsen Arlan, Sp.B-KBD,  MARS. Hal ini merupakan upaya RSUP Persahabatan untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan keamanan. Pengendalian risiko keselamatan harus dilakukan dengan sistem proteksi aktif kebakaran berupa penyediaan fasilitas APAR, hydrant, sprinkler dan lain-lain, serta peningkatan pemahaman staf tentang prosedur kejadian kebakaran dan evakuasi.

 

Kegiatan yang dilakukan di lapangan parkir Instalasi Gizi dipimpin oleh drg. Gladys T Selintung, MSafetySc selaku kepala Instalasi K3. Pelatihan ini diikuti oleh 76 peserta dari seluruh bagian pegawai RSUP Persahabatan.

 

Materi pelatihan meliputi hal-hal pengenalan klasifikasi jenis APAR serta cara penggunaan APAR dan APAB. Pada sesion terakhir pelatihan dilakukan praktek lapangan tentang cara penanggulangan kebakaran dengan APAR dan APAB. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para peserta mampu menggunakan APAR untuk menghadapi keadaan darurat kebakaran di RSUP Persahabatan.