Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Petugas Kesehatan RSUP Persahabatan

 Home / Berita /Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Petugas Kesehatan RSUP Persahabatan
Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Petugas Kesehatan RSUP Persahabatan

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Petugas Kesehatan RSUP Persahabatan

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah 

Petugas Kesehatan RSUP Persahabatan

 

Jakarta. Karya ilmiah merupakan karya tulis yang disusun dan disajikan berdasarkan pada kajian ilmiah dan cara kerja ilmiah. Karya tulis ilmiah yang efektif mengharuskan pemakaian bahasa yang tepat, singkat, jelas, teratur, dan resmi (Turistiani, 2013). Oleh karena itu, bagi pembuat karya ilmiah perlu menguasai keterampilan bahasa meliputi penguasaan ejaan, penguasaan pembentukan kata, penguasaan pemilihan kata, penguasaan penyusunan kalimat yang efektif, dan penguasaan penulisan paragraf yang utuh (Yulianto, 2003).

Instalasi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Bagian Pendidikan dan Penelitian (Diklit) bekerjasama dengan LPEM FEB UI mengadakan pelatihan penulisan karya ilmiah yang benar. Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 3 - 5 Maret 2020 bertempat di Auditorium dr. Soepandi Moekajin, Sp. P Gedung Griya Puspa lantai 2 RSUP Persahabatan.

Pembukaan dan Sambutan diberikan oleh Direktur Umum, SDM dan Pendidikan dr. Rochman Arif, M.Kes menyampaikan RSUP Persahabatan sebagai unit pelaksana tekhniknya Kementerian Kesehatan mempunyai tiga tugas pokok yaitu, pelayanan, pendidikan dan penelitian. Sebagai Rumah Sakit Pendidikan kita harus berinteraksi dengan pemberi pelayanan, pendidik dan peneliti. Kedepannya kita dapat mengimplementasikan hasil penelitian menjadi suatu kegiatan atau tindakan terbaik dari cara mengatasi sebuah persoalan. Oleh karena itu dalam penelitian ini, RSUP Persahabatan mendorong penelitian yang sifatnya trans nasional yang dapat di implementasikan di tempat lain dan akan memberi manfaat lebih besar kepada peningkatan pelayanan kesehatan.

Pada kesempatan ini dihadirkan narasumber dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia yang ahli dalam bidangnya untuk penulisan karya ilmiah yang benar yaitu;

1. Dr. Khoirunurrofik, S.Si, M.A.,MPM, Ph.D  dengan materi Metode Analisa Kwantitatif

2. Diana Teresa Pakasi, Msi dengan materi Metode Analisa Kwantitatif

3. Dr. M. Dian Revindo, Ph.D dengan materi Penulisan Untuk Penyajian Hasil Analisa

4. Dr. Teguh Dartanto dengan materi Contoh dan Latihan Penulisan Ilmiah

5. Dr. Renny Nurhasana dengan materi Contoh dan Latihan Penulisan Ilmiah

Kegiatan ini dihadiri oleh 60 Peserta terdiri dari : Dokter, Perawat, Tenaga Penunjang Kesehatan dan Tenaga Penunjang Non Kesehatan. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini peserta dapat meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam mempersiapkan atau melakukan proses penelitian.

Adapun tujuan dalam penulisan karya ilmiah, antara lain : menyampaikan ide, maksudnya pokok permasalahan yang ada agar lebih mudah dipahami oleh pembaca maka penulis karya ilmiah membuat dalam bentuk karya ilmiah, melatih kemampuan menulis, meningkatkan kemampuan dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan menunjukkan eksistensi dari penulis tersebut melalui karya ilmiah yang dihasilkan.(SR)