Pelatihan Swab Nasofaring Dan Orofaring Untuk Pemeriksaan PCR dan Antigen

 Home / Berita /Pelatihan Swab Nasofaring Dan Orofaring Untuk Pemeriksaan PCR dan Antigen
Pelatihan Swab Nasofaring Dan Orofaring Untuk Pemeriksaan PCR dan Antigen

Pelatihan Swab Nasofaring Dan Orofaring Untuk Pemeriksaan PCR dan Antigen

Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan mengadakan Pelatihan Swab Nasofaring & Orofaring Untuk Pemeriksaan PCR dan Antigen bertempat di Gedung Auditorium dr. Soepandi Moekajin, Sp. P, Kamis-Jumat, 18-19 Maret 2021. Acara dibuka oleh Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan & Penelitian dr. Rochman Arif, M. Kes.

 

Tujuan pelatihan ini untuk peningkatan mutu pelayananan dan kesehatan pasien di rumah sakit pada umumnya dan laboratorium pada khususnya. Peserta pelatihan Nasofaring dan Orofaring adalah pekerja kesehatan yang berhubungan erat dengan pengambilan spesimen seperti, perawat, pegawai kamar jenasah, analis labiratorium kesehatan dan dokter umum triase di IGD.

 

Hasil pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk menegakkan diagnosis, pemberian terapi, pemantauan terapi dan menentukan prognosis. Hasil pemeriksaan laboratorium yang baik dan akurat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang dapat dibagi menjadi faktor pra analitik, faktor analitik dan faktor post analitik. Faktor pra analitik adalah faktor yang paling sering menyebabkan kesalahan pada hasil pemeriksaan laboratorium. Hampir 70 % kesalahan hasil laboratorium disebabkan oleh faktor pra analitik.

 

Faktor pra analitik merupakan faktor yang memperngaruhi sampel sebelum diterima oleh laboratorium untuk di analisa. Faktor pra analitik menentukan kualitas sampel yang akan diperiksa.  Salah satu faktor pra analitik yang paling penting saat pandemi Covid 19 ini adalah pengamblan specimen nasofaring dan orofaring. Pengambilamn spesimen yang baik menjamin di dapatkannya sampel pemeriksaaan yang baik dan memenuhi syarat.

 

Sebagai upaya mutu pelayanan di Rumah Sakit  secara umum dan pelayanan laboratorium secara khusus, maka diperlukan adanya standarisasi dan keseragaman dalam tata cara pengambilan spesimen. Pelatihan Pengambilan spesimen nasofaring & orofaring bertujuan agar petugas mengetahui dadar-dasar teknik pengambilan spesimen nasofaraing dan orofaring sehingga dapat melakukan prosedur tersebut dengan aman, efisien dan sesuai standar.